Pembinaan HIPPA DPUTR SDA Kabupaten Lumajang di Korwil Jatiroto

IMG-20220804-WA0179.jpg

Lumajang,Benua News.com-Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Kabupaten Lumajang hari ini Kamis (04/08/2022), mengadakan pembinaan HIPPA ( Himpunan Petani Pemakai Air ) yang di laksanakan di Korwil Jatiroto.

Penyuluhan ini bertujuan memberikan wawasan kepeda petani pemakai air seluruh Kabupaten Lumajang khusunya Korwil Jatiroto yang meliputi, Kecamatan Kedung Jajang, Kecamatan Randuagung dan Kecamatan Jatiroto.
Giat Penyuluhan di hadiri Wagiatno Korwil Jatiroto, Camat Jatiroto Iwan Hadi Santoso, S.STP. M. Si. Danramil Jatiroto Bapak Jasmadi, serta hadirin undangan para petani pemakai air.

Foto Benua News.com


Dalam sambutannya wagiatno menyampaikan,” mari kita telaah bersama tujuan kita, dan kita terapkan dalam kegiatan sehari-hari,” paparnya.

Camat Jatiroto dalam sambutannya memaparkan, “ Joko Tingkir mangan dawet, ojo di pikir biar gak ruwet, fokus kepada apa yang sampaikan nara sumber, agar ilmu yang di dapat bermanfaat,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri pemateri dari DPUTR, Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Budiyanto dari Bappeda menjelasnya tentang keseimbangan dalam irigasi dan pemakai air, hal ini berfungsi agar para petani dapat membentuk kelompok tani yang berbadan hukum, terstruktur dan harus ada ketua, sekretaris dan bendara.

Ardiansyah pemateri Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian dalam paparannya menyampaikan tentang kebijakan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan produktifitas usaha tani. “Kelompok Tani dan Hippa harus memiliki hubungan yang harmonis,” paparnya. Keduanya bagaikan suami istri yang harus berkolaborasi sehingga tercapai peningkatan produktifitas. Hal ini di dasari oleh Surat Mentri pertanian RI Nomor 167/SR.410/M/10/2021 dan Surat Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Jawa Timur.

Riefki Nurdiyanto, ST dari DPUTR meyampaikan tentang hippa berdaya dalam aspek kelembagaan dan pengelolaan irigasi partisipatif, dalam hal ini di jelaskan tentang pengertian hippa yang menjadi wadah pemakai air dalam suatu wadah layanan / petak tersier atau desa yang di bentuk secara demokratis oleh petani pemakai air termasuk lembaga lokal pemakai irigasi. Rifki juga menekankan pentinganya kerja sama dan koordinasi petani pemakai air.

Memeriahkan suasana dan untuk manambah semangat para peserta di berikan door price yang hadiahnya cukup menghibur, Acara di akhiri dengan sesi tanya jawab.

Biro Lumajang

(Visited 60 times, 1 visits today)
Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top