Pangdam Dua Sriwijaya Beri Kuliah Umum Di Universitas Muhammadiyah Palembang

IMG-20220921-WA0065.jpg

Palembang,(Benuanews.com)-Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., memberikan Kuliah Umum kepada 2.000 Mahasiswa/i Baru Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Selasa (20/9/2022) bertempat di Gedung KH. Faqih Usman Lantai VII Kampus A UM, Jln. A. Yani Palembang.

Acara yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah Palembang dalam rangka kegiatan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa/i Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Palembang TA. 2022 – 2023 ini diikuti baik secara langsung maupun secara Virtual yang disiarkan Live Youtube Universitas Muhammadiyah Palembang, dengan mengusung tema, “Membangun Generasi Unggul dan Islami, Untuk Menyambut dan Berprestasi di Era Digital – Disrupsi dan Revaluasi Industri 4.0”.

Kuliah Umum oleh Pangdam II/Swj kali ini mengambil materi tentang, “Indonesia Dulu, Sekarang dan Tantangannya”. Penyampaian materi ceramah ini merupakan salah satu upaya dalam rangka memberikan pemahaman mahasiswa/i terhadap Wawasan Kebangsaan, yang meliputi ; Sejarah Perjuangan Bangsa, Nilai – Nilai Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, Membangun Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam kuliahnya, Pangdam menceritakan kembali secara singkat bagaimana sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dimana kemerdekaan yang diperoleh saat ini merupakan hasil dari jerih payah pengorbanan jiwa dan raga seluruh bangsa Indonesia.

Mayjen TNI Hilman Hadi juga menyampaikan pentingnya menjaga persatuan dan keberagaman guna mempertahankan kelangsungan NKRI, sehingga tercapai Indonesia yang maju, mandiri, berdaulat, adil dan makmur.

Selanjutnya dikatakan juga bahwa, Indonesia Emas di Tahun 2045 merupakan slogan atau simbol penguatan Sumber Daya Manusia berbasis ilmu teknologi, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah jangka panjang tersebut guna menghadapi era Emas di tahun 2045. “Untuk menuju Indonesia Emas 2045, harus kokohkan persatuan dan perkuat jiwa nasionalisme serta pegang teguh Nilai-Nilai Pancasila”, kata Pangdam.

Diakhir kuliahnya, Pangdam memberikan pesan khusus kepada para mahasiswa/i UMP yakni, “Jadilah agen-agen perubahan yang positif sebagai generasi penerus  bangsa”. Yang mana sebagai generasi penerus harus memiliki kemampuan, yaitu ; Critical Thinking (Berfikir Kritis), Kreatif dan Inovatif, Colaboration (Berkolaborasi) dan Communication (Kemampuan Komunikasi). “Keempat inilah yang menjadi dasar kompetensi sumber daya manusia di Four Poin Zero”. pungkas Pangdam.

Setelah menyampaikan kuliah umum, kegiatan dilanjutkan dengan acara pemberian Plakat berturut-turut dari Ketua BPH UMP Dr. H.M. Idris, kemudian Rektor UMP Dr. Abid Djazuli, S.E, M.M., yang diberikan kepada Pangdam II/Swj. Selanjutnya dari Pangdam II/Swj diberikan kepada Rektor UMP. Acara diakhiri dengan foto bersama.

Turut hadir mendampingi Pangdam II/Swj, yakni ; Danrem 044/Gapo, Aster Kasdam II/Swj dan Kapendam II/Swj.

Hadir juga, Ketua PWM Sumsel Prof. Dr . Romli, S.A., MAG., Ketua BPH UMP Dr. H.M. Idris, Rektor UMP Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., para Wakil Rektor, Dekan dan Direktur Pasca Sarjana UMP dan Perwakilan para Mahasiswa/i dari berbagai Fakultas UMP.

(Wahyudi)

scroll to top