Pajak Bertutur 2021 : Media Edukasi Kesadaran Pajak Bagi Generasi Muda

IMG-20210827-WA0061.jpg

PADANG.(Benuanews.com)-Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi menyelenggarakan Acara Pajak Bertutur Tahun 2021 dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara.Rabu 25/08/2021

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dan dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, dan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim serta diikuti oleh siswa SMA dan mahasiwa dari berbagai universitas

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa dampak pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus menggunakan dana APBN untuk penanggulangan dampak Covid-19.

Peranan pajak sangat diperlukan karena 70% hingga 80 % sumber APBN adalah dari pajak. “Menghadapi Covid-19 ini butuh upaya yang luar biasa. Sangat berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat, sehingga pemerintah memberikan bantuan sosial, insentif, BLT Desa, BSU, kuota internet dan bantuan lainnya,” ujar Menteri Keuangan.

Sri Mulyani juga mengingatkan kembali bahwa peranan pajak menjadi sangat penting untuk Indonesia maju dan kuat yang memang harus kita sadari sejak dini.

Pada kesempatan tersebut Lindawaty, Kepala Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi memberikan arahan kepada seluruh peserta kegiatan Pajak Bertutur tahun 2021.

Sudah menjadi tugas kita bersama untuk melakukan edukasi perpajakan dan edukasi pembentukan karakter di Indonesia tentang peranan pajak kepada siswa dan mahasiswa untuk mewujudkan generasi emas cerdas dan sadar pajak,” ungkap Lindawaty

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para mitra dari perguruan tinggi dan pihak yang konsisten berpartisipasi dan mendukung mengimplementasikan Inklusi Kesadaran Pajak di lingkungan universitas dan Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi.

Penghargaan diberikan kepada Heru Pudyo Nugroho, S.E.M.B.A. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Eva Fitrianti, S.S., M. Pd. Dari Universitas Ekasakti-AAI Padang, Dr. H. Muslim Tawakal, SH. M Pd. dan Dra. Pebriyenni, M.Si. dari Universitas Bung Hatta.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi kepada peserta Pajak Bertutur dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara oleh Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi, Septhiavani Habe dan Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Marihot Pahala Siahaan disertai dialog interaktif tanya jawab bersama peserta dan ditutup dengan foto bersama

Pajak Bertutur merupakan program sosialiasi yang digalakkan oleh Direktorat Jenderal Pajak bersama jajarannya salah satunya yaitu Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran masyarakat tentang pentingnya pajak bagi negara dan bagi masyarakat itu sendiri, serta memberikan edukasi kepada pelajar dan mahasiswa karena mereka adalah orang-orang yang akan menjadi wajib pajak sekaligus menjadi penerus estafet kepemimpinan di masa yang akan datang.

Kegiatan ini dilakukan serentak di Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi beserta KPP Pratamal dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di wilayah Sumatera Barat dan Jambi dengan diikuti oleh 15 perguruan tinggi, sekitar 9 sekolah tingkat menengah, serta lebih dari 300 pelajar dan mahasiswa.

Dalam rangka mewujudkan generasi yang mempunyai kesadaran pajak, Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi terus berupaya melakukan edukasi nilai-nilai kesadaran pajak kepada generasi muda melalui pendidikan dalam program Inklusi Kesadaran Pajak.

Agar program ini dapat terlaksana secara optimal, diperlukan adanya kolaborasi yang baik dengan pihak atau mitra lainnya.(Ardi)

scroll to top