Pagara SSTP, MM Camat Termuda di Kota Padang

IMG_20220601_180421.jpg

Padang, Benuanews.com,- Meski baru menginjak 36 tahun, Pagara SSTP, MM sudah melewati perjalanan karier yang cukup panjang hingga kini menjadi camat termuda di Kota Padang. Camat kelahiran tahun 1986 ini, berhasil menduduki jabatan camat Padang Utara setelah ditinggal oleh Fajar Sukma SPd yang pindah ke BPBD Prov Sumatera Barat.

Sebelum diisi oleh Pagara, dua kali Kecamatan Padang Utara dipimpin oleh PLT Camat, yakni Ances Kurniawan yang sekarang menjabat Kepala Dinas Sosial Kota Padang dan Drs Erwin M.MA.

Lulus SMA tahun 2004, Pagara melanjutkan ke STPDN dan tamat tahun 2008. Pagara ditempatkan di Badan Kepegawaian Daerah Kota Solok. Tidak sampai setahun, Pagara dipromosi sebagai Sekretaris di Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok.

Tahun 2010, Pagara kembali dipromosi sebagai Kasubag Evaluasi dan Pelaporan di Sekretariat DPRD kota Solok. Kemudian pada tahun 2012 Pagara pindah ke Pemko Padang dan ditempatkan di kantor Walikota Padang.

Tahun 2013, Pagara dipercaya sebagai Kasi Pos dan Telekomunikasi Dishubkominfo Kota Padang.Dua tahun di Dishubkominfo, Pagara kembali dipercaya sebagai Lurah Gurun Laweh Kec Nanggalo Kota Padang.

Tahun 2017, Pagara menduduki jabatan sebagai Kasubag Otonomi Daerah pada Bagian Pemerintahan Setda Kota Padang. Tahun 2019, karier Pagara semakin cemerlang. Dirinya dipromosi menjadi Sekretaris Camat Bungkus Teluk Kabung.

Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2021 Pagara kembali ditarik ke Balaikota sebagai Kabid Mutasi dan Promosi Dinas BKPSDM. Berselang setahun kemudian tepatnya tanggal 18 Mei 2022, Pagara kembali dipromosi sebagai Camat Padang Utara Kota Padang.

“Kalau prinsip saya, jabatan itu merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT” ujar Pagara.

Sebagai anak muda, Pagara mengaku masih perlu banyak belajar tentang cara menjadi pemimpin. Menurutnya, generasi muda biasanya memiliki pemikiran itu di luar kebiasaan. Dari situ muncul inovasi kreatif lalu muncul ide gagasan dan inovasi untuk mengembangkan wilayah saat ini. “Untuk itu perlu kontrol sosial dari masyarakat agar saya tidak salah dalam melangkah” ujarnya.

Camat termuda di Padang itu mengaku memiliki cara tersendiri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yakni dengan berprinsip jangan terlalu lambat dan lama untuk bergerak melayani warga. “Motto saya kalau bisa dipermudah mengapa harus dipersulit, artinya kalau kita jangan pernah mempersulit urusan orang” ujar Pagara.

Pagara mengucapkan terima kasih kepada Walikota Padang Hendri Septa yang sudah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mengemban jabatan sebagai Camat Padang Utara. “Mudah-mudahan saya bisa menjalankan amanah ini” ungkap Pagara

(Marlim)

scroll to top