Nevi Zuairina : Proyek Kereta Api Cepat Untuk Indonesia Maju

IMG-20221229-WA0020.jpg

Pariaman, Benuanews.com,- Jumat, 2 Desember 2022 Anggota DPR RI Komisi VI Ibu Hj. Nevi Zuairina Sosialisasikan Kereta Cepat untuk Indonesia Maju di Hotel Al – Madinah Pariaman Sumatera Barat. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh 100 peserta dari Kota Pariaman, Sumatera Barat. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Angota DPR RI Komisi VI Ibu Hj. Nevi Zuairina.

Dalam sambutannya Nevi Zuairina menyampaikan bahwa informasi KAI Sediakan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 bagi Masyarakat.
Libur Natal dan Tahun Baru ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempersiapkan pelayanan untuk masyarakat yang akan berlibur. Penetapan masa Nataru pada 22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023 dan menyiapkan tiket KA Jarak Jauh sebanyak 2.236.021 tiket.

Pada lonjakan penumpang periode Nataru ini, KAI mengoperasikan rata-rata 484 KA per hari. Jumlah ini termasuk 56 KA tambahan yang dijalankan khusus angkutan Nataru ini untuk rute favorit. “Jumlah KA yang beroperasi Nataru tahun ini mengalami peningkatan sebesar 29% dibandingkan jumlah pada Nataru tahun lalu yakni sebanyak 375 KA” ujar istri mantan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ini.

Untuk mendukung operasional KA-KA pada masa Nataru tersebut, KAI telah menyiapkan 465 unit lokomotif, 1.716 unit kereta, dan 77 unit KRD.
Peninjauan dilakukan menjelang angkutan Nataru oleh KAI dan stakeholder perkeretaapian yang bertujuan untuk memastikan seluruh aspek layanan KA dari berbagai aspek siap melayani masyarakat pada libur Nataru 2023.

Dalam inspeksi tersebut turut hadir Komisaris, Direksi KAI dan jajaran KNKT serta jajaran Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Nevi Zuairina juga menyampaikan, Pro – Kontra Hadirnya Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk Kemajuan Bangsa.

Saat ini pemerintah tengah membangun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Progres pengerjaan sampai November 2022 ini sudah memasuki tahap akhir yaitu mencapai 91,7% dan ditargetkan selesai pada bulan juni 2023 nanti. Pemerintah mengharapkan agar pembangunan kereta cepat ini, dapat meningkatkan mobilitas, daya saing, hingga munculnya pertumbuhan ekonomi baru.

Namun proyek pembangunan ini juga tidak terlepas dari pro dan kontra masyarakat maupun para ahli. Apalagi ada pembengkakan biaya dalam pembangunannya. Untuk itu, saya sebagai anggota dewan di komisi VI dengan mitra terkait, terus meminta kepada pemerintah agar bisa terus berupaya dan mencari cara bagaimana kereta cepat ini menguntungkan dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat dalam menuju Indonesia Maju, terlepas biaya pembangunan yang membengkak dan permintaan suntikan terhadap anggaran negara yang sangat banyak, pro kontra permintaan dan penggunaan anggaran tersebut harus dipertanggungjawabkan karena menggunakan uang negara dengan jumlah yang tidak sedikit.

KCJB Memulai pembangunan sejak tahun 2018, proyek KCJB direncanakan beroperasi pada Juni 2023, target operasi tersebut mundur dari yang awalnya tahun 2022. KCJB dibangun oleh 7 perusahaan terkemuka dari Indonesia dan Tiongkok yang telah berpengalaman mengerjakan proyek infrastruktur global dan tergabung dalam High Speed Railway Contractor Consortium atau HSRCC, semoga kereta cepat ini dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

LRT Jabodebek sebagai Moda Transportasi Urban paling Modern di Indonesia. LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Juli tahun 2023 mendatang untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Saat ini, KAI bersama para pihak tengah mempersiapkan segala sesuatunya terkait pengoperasian LRT tersebut, baik sarana, prasarana, fasilitas pelayanan penumpang maupun perizinan perizinan yang diperlukan. Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, tentu kehadiran LRT Jabodebek sangat dinantikan untuk mendukung kegiatan bertansportasi masyarakat yang aman, nyaman dan bebas macet.

(Marlim)

scroll to top