Momen Kemerdekaan, Ormas RBC Rayakan Anniversary & Touring Napak Tilas

IMG_20220829_135933.jpg

BENUANEWS.COM | Labuhanbatu, Sumut –

Momentum HUT Kemerdekaan RI ke 77 Agustus 2022, Ritonga Bikers Community kembali melaksanakan Touring Napak Tilas ke Luat Gunung Tinggi dan sekaligus merayakan Anniversary Organisasi Kemasyarakatan Ritonga Bikers Community (RBC) ke 2, yang sebelumnya terbentuk dan berdiri di Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu 26/08/2020.

Kegiatan Napak Tilas Touring ini dilaksanakan Minggu 28/08/2022, dengan bertujuan berziarah ke makam Patuan Nalobi Ritonga yang berada di Lobu Gunung Tinggi, Kecamatan Dolok Sigompulon, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Hambali Ritonga Selaku Ketua Umum Ritonga Bikers Community (RBC) dalam pidato Sambutannya saat Upacara Penghormatan pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih , di lokasi areal makam pahlawan penerima bintang jasa tersebut menyampaikan

Semangat dan hadirnya kita kembali disini RBC sebagai Generasi Ritonga adalah bentuk penghormatan dan penghargaan kita kepada Leluhur kita Patuan Nalobi Ritonga, yang telah dinobatkan Pemerintah Republik Indonesia menjadi Pahlawan Nasional Penerima Bintang Jasa Utama (SK No 077 tertanggal 13 Agustus 1999) oleh Bj. Habibie.

Agustus 2020 kita hadir disini bersama PC PRDB Labuhanbatu, Agustus 2021 kita RBC juga hadir disini setelah mengukuhkan dan melantik DPD RBC Labuhanbatu Utara, dan Paluta, hari ini 28 Agustus 2022 kita RBC kembali hadir di sini memberikan penghormatan sekaligus Ziarah kepusara Oppung kita Patuan Nalobi ” Ujarnya

Di usia Ritonga Bikers Community yang ke 2 tahun ini, kita telah banyak melewati serta melalui perjalanan baik hambatan, rintangan, kendala, yang cukup berat, tapi dengan semangat kebersamaan, semangat berhimpun kita bisa melewati tantangan tantangan tersebut, dan terus bersemangat membesar kan organisasi yang kita cintai ini, saya yakin hal ini tidak terlepas dari warisan darah leluhur yang mengalir kedalam sanubari kita sebagai generasi nya. Semoga kita mampu bermanfaat buat sesama, dan terus menghargai jasa para leluhur saat ini dan mampu mewariskan upaya upaya baik ini kepada generasi penerus kita” harapnya

Hal senada juga disampaikan oleh Patuan Nalobi III yang merupakan Ahli Waris garis keturunan Patuan Nalobi, rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Pengurus RBC di 3 tahun terakhir ini masih terus bersemangat hadir berziarah ke Lobu Gunung Tinggi ini.

Saya pribadi mengucapkan ribuan terimakasih kepada kita semua yang hadir disini khususnya Ritonga Bikers Community yang masih terus bersemangat berziarah beramai ramai kesini, semoga apa yang diperbuat dibalas kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT, dan kita semua mendapat kesuksesan terus kedepan harinya, karena selalu menghargai jasa leluhur kita” Pungkasnya

Dalam kesempatan yang berbeda, Muhammad Kohar Ritonga, Sekretaris Jenderal DPP RBC juga menyampaikan
Kita bangga dari leluhur Ritonga lahir seorang Raja dari Luat Gunung Tinggi ini, dari sejarah yang tertulis beliau Patuan Nalobi dimasa kerajaannya membawahi tidak kurang dari 22 desa, yang mencakup wilayah Tapanuli Selatan (Tapsel), Tapanuli Utara (dihulu Sungai Bilah), Labuhan Batu, dan sebagian kecil wilayah Asahan, dan Oppung kita ini dimasa itu berani melawan dan mengusir penjajah Belanda dan sekutunya di wilayah Sumatra Timur, khususnya daerah Kota Pinang.

Bangga kita Oppung kita Pejuang, itu yang membuat saya pribadi terus bersemangat datang Ziarah kemari”cetusnya

Semakin seringnya kita berkunjung dan mengexplore ketokohan Oppung kita ini, semoga pemerintah pusat yang saat ini di pimpin bapak Presiden Jokowi melihat, melirik dan mengangkat Oppung kita Patuan Nalobi ini menjadi Pahlawan Nasional ” bukan hanya Penerima Bintang Jasa Utama” tapi itu tidak terlepas dari doa serta dorongan kita, senior senior kita Ritonga yang lebih mumpuni mengulas sejarah Oppung kita Patuan Nalobi ini” Paparnya

Pantauan, setelah selesai upacara penghormatan dilanjutkan dengan Ziarah bersama ke pusara makam Patuan Nalobi beserta keturunannya yang berada di lokasi tersebut.

Kurang lebih 100 orang peserta dan tamu undangan lainnya dalam kegiatan ini dengan khidmat dan lancar berperan aktif dalam mengikuti acara demi acara.
Turut Berhadir dalam kegiatan ini, Ahli Waris dari Patuan Nalobi Ritonga yakni Patuan Nalobi Ritonga III dari kota Paret dan M. Yakub Ritonga dari sigambal, Ketua Umum DPP RBC Hambali Ritonga beserta jajaran, Ketua DPD RBC Labuhanbatu Arifin Ritonga beserta jajaran, Ketua DPD RBC Labuhanbatu Utara Erwinsyah Ritonga beserta jajaran, Ketua DPD RBC Padang Lawas Utara Mhd Azis Ritonga beserta jajaran, dan tamu undangan masyarakat Desa Sekitar. (MKR)

scroll to top