Mobil Baru yang Bakal Meluncur di RI Tahun Ini, Raize-Rocky Hingga City Hacthback

3fcec8a3-08bc-4f38-a3a7-2153d88cf1ee.jpg

Jakarta – benuanews.com Tahun 2021 tetap akan diramaikan oleh mobil-mobil baru. Berbagai mobil baru diperkirakan akan diluncurkan sepanjang tahun 2021 ini. Ada yang sudah meluncur lebih dulu di negara lain sebelum masuk Indonesia.

Deretan mobil baru dipastikan siap meramaikan jalanan di Indonesia tahun ini. Beberapa produsen mobil pun ada yang sudah blak-blakan soal produk barunya. Tak sedikit juga pabrikan yang masih merahasiakan peluncuran mobil baru. Namun, ada beberapa prediksi mobil yang akan diluncurkan di Indonesia. Apa saja?

1. Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Toyota Raize menjadi mobil yang dirumorkan bakal meluncur di Indonesia tahun ini. SUV kompak dari Toyota ini sudah lebih dulu meluncur di negara asalnya, Jepang. Di sana, Toyota Raize meluncur sejak tahun lalu.

Memang, PT Toyota-Astra Motor (TAM) masih bungkam soal kehadiran Toyota Raize di Indonesia. Namun, ada indikasi yang menguatkan rumor Toyota Raize hadir di Indonesia tahun ini.

Beberapa waktu lalu sempat muncul sosok mobil mirip kembaran Toyota Raize-Daihatsu Rocky. Mobil tersebut tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di Indonesia. Dalam potongan gambar yang viral di media sosial, sosok mobil mirip Rocky tersebut berkamuflase menggunakan kelir putih.

Spyshot Daihatsu Rocky tersebut diunggah di media sosial instagram milik automotive enthusiast @indra_fathan. Diduga lokasi pengambilan gambar itu di wilayah Tanjung Priok yang dekat dengan kantor pusat dan pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Bukti lain yang memperkuat jika Daihatsu Rocky itu sedang dites di Indonesia bisa dilihat dari papan plat nomornya yang menggunakan warna dasar putih, dikombinasi huruf dan angka warna merah.

Jika diperhatikan, mobil tersebut sangat mirip dengan SUV kompak, Daihatsu Rocky yang dirilis di Jepang akhir 2019 silam. Dari foto spyshot ini, bagian yang kelihatan meliputi handle pintu, pilar A, spion, desain pelek, dan antena shark fin.

Di Jepang, Toyota Raize ditawarkan dalam 8 varian tipe dan harga. Paling murah adalah Raize dengan tipe X 2WD yang dibanderol sekitar 1.679.000 yen atau Rp 232,6 juta (termasuk pajak). Sementara paling mahal, Raize tipe Z 4WD yang punya harga 2.282.200 yen atau Rp 316,3 juta (termasuk pajak).

Selain 2 tipe itu, Toyota Raize ditawarkan dalam varian X 4WD 1.918.800 yen (Rp 265,8 juta), Z 2WD 2.060.000 yen (Rp 285,5 juta), G 2WD 1.895.000 yen (Rp 262,6 juta), G 4WD 2.133.700 yen (Rp 295,7 juta), X “S” 2WD 1.745.000 yen (Rp 241,8 juta), dan terakhir X “S” 4WD dibanderol 1.984.800 yen atau Rp 275 juta.

Kemudian untuk Daihatsu Rocky, dibanderol paling murah 1.705.000 yen atau Rp 236,3 juta (termasuk pajak) untuk tipe L 2WD. Sementara trim tertingginya, Premium 4WD, dihargai 2.200.000 yen atau setara Rp 304,8 juta (termasuk pajak).

Di tengah tipe terbawah dan tipe tertinggi itu terdapat Rocky varian X 2WD yang dibanderol 1.848.000 yen atau Rp 256 juta dan tipe G 2WD seharga 2.002.000 atau Rp 277,5 juta.

Soal spesifikasi mesin dan platform sasis, kedua SUV mungil itu memiliki arsitektur yang identik. Keduanya dibekali mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler memiliki tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Sementara untuk basis rangkanya, Raize menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) sedangkan Rocky memakai platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture.

2. Nissan Leaf

Mobil selanjutnya yang akan diluncurkan di Indonesia tahun ini adalah mobil listrik Nissan Leaf. Nissan Leaf sebelumnya dijadwalkan meluncur tahun 2020, tapi karena berbagai alasan karena situasi pandemi COVID-19 dan sebagainya, Nissan memutuskan untuk mengundurkan peluncuran Nissan Leaf.

Head of External and Government Affairs PT Nissan Motor Indonesia, Coki Panjaitan saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Desember lalu, memastikan Nissan Leaf akan diluncurkan tahun 2021.

Nissan Leaf merupakan mobil listrik murni yang ditawarkan dalam dua opsi. Pada model standarnya, motor listrik menghasilkan 147 hp dan torsi 236 lb-ft, yang dikirim ke roda depan melalui transmisi otomatis. Nissan Leaf dapat melaju dengan satu baterai lithium-ion 40 kWh terisi penuh sejauh 240 km.

Sementara itu versi Plus menawarkan output 214 hp dan torsi 250 lb-ft. Tenaga listrik disimpan di baterai 62 kWh yang dapat membuatnya tahan melaju sejauh 363 km dengan satu kali pengisian penuh. Baterai Nissan Leaf dapat diisi hingga 80 persen dalam waktu kurang dari satu jam menggunakan stasiun pengisian daya cepat.

3. Renault Kiger

Renault memastikan Kiger akan meluncur di Indonesia tahun ini. Di bawah payung Maxindo Renault Indonesia (MRI), pabrikan asal Prancis itu kembali mengumumkan akan mengenalkan produk barunya di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) lewat Kiger pada 2021.

Renault membuat sebuah exhibition car sebagai persiapan peluncuran Renault Kiger pada 2021 ini. Konsep Kiger Showcar ini diharapkan bisa menjadi jembatan untuk perkenalan terhadap Kiger production car SUV terbaru yang akan dirilis Renault.

“Kiger nantinya adalah sebuah pelengkap dalam rangkaian lini produk Renault di Indonesia. Kami ingin menawarkan B-SUV terbaru dengan kepribadian ganda, yaitu 80% urban modernity dan 20% outdoor ability,” ujar Davy J Tuilan selaku Chief Operating Officer Renault Indonesia dalam keterangan resminya, Selasa (15/12/202) lalu.

Renault Kiger punya desain yang unik, jendela belakang yang dibuat miring, spoiler yang terintegrasi di atap dan kaca spion yang meruncing dirancang layaknya sayap pesawat.

Sedikit bocoran, Kiger dibangun di atas platform CMF-A+ ( Common Module Family – A segment). Sementara di fitur hiburan Kiger menggunakan sistem infotainment layar sentuh menggunakan Android Auto dan Apple CarPlay. Tidak diungkap bagaimana spesifikasi mesin yang akan diboyong ke Indonesia ini.

4. Honda City Hatchback

Selanjutnya ada Honda City Hatchback. Memang PT Honda Prospect Motor (HPM) belum memberikan kepastian kapan Honda City Hatchback akan meluncur di Indonesia. Namun, tanda-tanda peluncuran Honda City Hatchback di Indonesia mulai muncul. Nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Honda City Hatchback muncul di laman Samsat DKI Jakarta.

Honda City Hatchback pertama kali meluncur secara global di Thailand. Honda di Indonesia kemungkinan besar akan meluncurkan jatah Honda City Hatchback tahun ini.

NJKB Honda City Hatchback sudah muncul di Samsat DKI Jakarta. Tertera ada dua tipe Honda City Hatchback, yakni RS MT dan RS CVT. Keduanya menggunakan mesin 1.500 cc. Dalam laman resmi Samsat DKI Jakarta, NJKB Honda City Hatchback 1.5L RS CVT senilai Rp 221 juta, sementara City Hatchback 1.5L RS MT senilai Rp 213 juta. NJKB ini bukanlah harga resmi Honda City Hatchback. NJKB adalah angka dasar nilai jual kendaraan sebelum dikenakan pajak-pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai, pajak kendaraan bermotor (PKB), dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

Rumornya Honda City Hatchback akan menjadi pengganti Honda Jazz. Terlebih, Honda Jazz terbaru yang sudah meluncur di Jepang dinilai kurang cocok untuk pasar Indonesia karena kurang sporty.

5. Mitsubishi Pajerio Sport

Mitsubishi sudah meluncurkan Pajero Sport terbaru di Thailand sejak 2019 lalu. Namun sampai sekarang, Mitsubishi Pajero Sport terbaru ini belum meluncur di Indonesia. Hal itu berbeda dengan Toyota yang meluncurkan Fortuner terbaru di Thailand tahun lalu dan diikuti Indonesia tak lama kemudian.

Mengingat Pajero Sport terbaru sudah meluncur di Thailand sejak 2019, tak menutup kemungkinan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Pajero Sport terbaru tahun 2021 ini. Apalagi, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, menjamin pihaknya akan membawa Pajero Sport baru ke Indonesia.

“Kami akan terus menginformasikan kepada rekan-rekan media apabila peluncuran Pajero Sport baru sudah dekat waktunya,” katanya pada Oktober 2020 lalu.

Pajero Sport facelift ini mengadopsi desain eksterior anyar yang membuatnya tampil lebih kekar. Konsep tampilan Dynamic Shield terus dikembangkan Mitsubishi agar pengemudi di dalam tetap memiliki visibilitas yang baik dan luas.

Tarikan garis grille di bagian depan langsung menyatu dengan lampu utama. Lapisan krom yang menyelimuti rumah lampu kabut membuat tampilan jadi terlihat lebih elegan.

Mitsubishi juga mempercantik tampilan interior Pajero Sport. Begitu masuk ke dalam, pengemudi bakal disajikan layar LCD ukuran 8 inci dan Smartphone-Link Display Audio berukuran 8 inchi. Tampilan baru juga terlihat di bagian handle pintu juga bagian lantai karpet mobil.

Pajero Sport juga memiliki AC Power Outlet pada USB plug di konsol belakang sehingga memudahkan bagi para penumpang. Di balik kap mobil, Mitsubishi masih mempertahankan mesin MIVEC turbo berkapasitas 2.4 L yang dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Ada beberapa fitur kemanan yang ditambah agar pengendara dan penumpang di dalamnya lebih nyaman.

Pajero Sport kini telah dibekali sistem penggerak Super-Select 4WD-II yang bisa memberikan traksi optimal saat melibas medan apapun. Fitur-fitur baru lain yang melekat di dalam Pajero Sport baru meliputi Lane Change Assist (LCA) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

6. Isuzu MU-X

Kemudian yang kemungkinan besar akan meluncur di Indonesia juga adalah Isuzu MU-X. SUV penantang Fortuner dan Pajero Sport dari Isuzu ini sudah meluncur lebih dulu di Thailand. Isuzu Thailand baru meluncurkan generasi ketiga Isuzu MU-X.

Dari segi eksterior, Isuzu MU-X punya tampang yang beda dengan D-Max. Lampu utama Isuzu MU-X juga terlihat ramping cenderung tajam. Dari segi muka, sudah lain cerita, Isuzu MU-X kini tak lagi D-Max yang menggunakan atap penuh.

Selain itu, grille depan juga lebih kecil. Pada bagian buntut, lampu belakang lebih ramping daripada model sebelumnya, dan ada tulisan “Isuzu” di antara keduanya.

Tampilan kaca samping Isuzu MU-X juga berubah. Isuzu MU-X tidak lagi dilengkapi dengan pilar C yang berukuran besar. Pilar D mengusung warna bodi utama, berbeda dengan Isuzu MU-X model sebelumnya.

Pada bagian interior mirip dengan Isuzu D-Max, head unit (7 atau 9 inch) standar Isuzu MU-X kini sudah siap untuk dihubungkan ke Android Auto dan Apple CarPlay sebagai standar, dan AC dual zone pun sudah modern dengan tampilan digital.

SUV ini juga dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap seperti six airbags, electronic stability control, ABS, EBD, brake assist, hill start assist, hill descent control and traction control. Untuk varian tertinggi sudah dibekali blind spot monitor, rear cross-traffic alert, forward collision warning, autonomous emergency braking, lane departure warning, speed limiter, automatic high beam, multi-collision brake, parking assist dan pedal misapplication system.

Isuzu MU-X menggendong mesin empat silinder turbodiesel. Ada dua pilihan mesin, yang pertama mesin RZ4E-TC 1.9 liter bertenaga 150 PS dan torsi maksimal 350 NM, sertai mesin 4JJ3-TCX 3.0 liter dengan 190 PS dan 450 Nm. Mesin-mesin itu ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual enam percepatan dan otomatis enam percepatan. Ada juga pilihan penggerak roda dua dan penggerak empat roda.

Di Thailand, Isuzu MU-X akan ditawarkan dalam enam varian. Harganya mulai dari 1,109 juta baht atau sekitar 523 juta hingga 1,579 juta baht Rp 744,9 jutaan.

red

scroll to top