Mengenal paki reis dalam budaya tarian caci Manggarai

Lembor Selatan Benuanews.com-Caci atau tari Caci atau adalah tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai di Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Penari yang bersenjatakan cambuk bertindak sebagai penyerang dan seorang lainnya bertahan dengan menggunakan perisai, Kamis 25/08/2022.

Media ini mengutip dari acara salah satu kegiatan dalam tarian caci itu adalah paki reis, Paki reis ini biasa digunakan pada pembuka caci dimulai. Hal serupa yang terjadi pada saat acara Songko Longkap di kampung Reweng, desa Lendong, kecamatan Lembor Selatan, kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Caci saat Songko longkap selama tiga hari berlangsung dari tanggal 22 sampai 25 Agustus 2022, Ada hal yang menarik dalam tarian caci itu paku reis, Biasanya paki reis itu berlaku pada saat pembuka acara tarian khas daerah Manggarai itu, Namun hal menarik yang terjadi acara Songko lokap di kampung Reweng paki reis setelah tarian caci itu berjalan.

Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh tetua adat yang berada diacara Songko lakap Laurensius Kasmir Jon menjelaskan paki reis sepeti yang dilakukan oleh Ketua DPRD kabupaten Manggarai Barat Martinus Mistar dengan penada Yulianus Rikardus Horas sebagai sekertaris desa Lalong merupakan salah satu penghargaan kepada tamu yang diundang ungkapnya.

Berbeda dengan paki reis pada awal tarian caci memiliki arti sendiri.

scroll to top