Mantap, Pelajar SMP Kabupaten Siak Belajar Mengunakan Chromebook belajar.id

IMG-20240716-WA0052-scaled.jpg

Mempura – Benua news com : Memasuki tahun ajaran baru maka Bupati Siak Alfedri pastikan proses belajar dan mengajar berjalan lancar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Negeri kecamatn Mempura, Senin (15/7/2024).

Pada kujungan peninjauan proses belajar Bupati Siak Alfedri di dampingi oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang juga menjabat sebagai Asisten 3 Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rozi Candra, Camat Mempura Harland, Kabid PSMP Endi Mirzal, Kepala Sekolah SMP 1 Mempura Winda.

Perlu diketahui, sudah 2.817 pelajar tingkat SMP Negeri se-Kabupaten Siak pada kelas 9 belajarnya mengunakan platform Merdeka Belajar mengunakan chromebook belajar.id yang didesain khusus oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai sarana belajar secara digital untuk pelajar dan digunakan secara mandiri oleh para pelajar.

Adapun jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten berjumlah 82 sekolah, dan saat ini sekolah yang mendapatkan manfaat untuk mendukung Merdeka Belajar sebanyak 26 sekolah di tahun 2024 ini.

Alfedri mengatakan, wujud kepedulian kami terhadap pendidikan untuk masyarakat, dan ditahun 2023 telah merealisasikan anggaran dengan alokasi 27 persen dan telah melampaui target ketentuan sebesar 20 persen anggaran daerah. Alfedri sangat mendukung penuh program Merdeka Belajar oleh Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi, program mengarah kepada digitalisasi untuk mutu pendidikan kabupaten siak lebih baik dan bermutu.

“Alhamdulillah, di kabupaten siak baru bisa terpenuhi sekitar 30 persen dari keseluruhan kebutuhan menunjang pembelajaran Merdeka Belajar secara Nasional, dan ini tidak berhenti disini saja, kami akan terus mencapai target di tahun depan di atas 50 persen di tahun ini”, Harapan Alfedri saat memberikan keterangan pers dan tampak rasa harunya.

Lanjut Alfedri, kita akan menjadikan sekolah negeri ini dengan menaikan kualitas pendidikan dan terpercaya di tengah-tengah masyarakat dan menyekolahkan anak-anak generasi bangsa ini pada sekolah-sekolah negeri, tentu dengan fasilitas belajar berkualitas dan terbaik tentunya sesuai standar pendidikan Nasional.

“Dan melalui fasilitas pendidikan dengan Chromebook ini semakin mencerdaskan anak-anak negeri kabupaten siak sebagai bekal generasi emas bangsa Indonesia di tahun 2045 nanti, dengan tersedia fasilitas pendidikan yang mempuni akan menjadikan generasi yang siap bersaing secara global nantinya”, Ungkap Alfedri saat melihat proses belajar siswa-siswi SMP 1 Negeri kecamatan Mempura.

Pembelajaran chromebook ini merupakan fasilitas pembelajaran menguna perangkat komputer/laptop yang sama dengan yang laptop pada umumnya, dengan mengunakan sistem operasi yang digunakan, yaitu Chrome OS. Chromebook yang dilengkapi dengan Chrome Device Management (CDM) sebagai perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan pendaftaran (enrollment) Chromebook pada domain belajar.id.

(Agus zega)

scroll to top