Luar Biasa! Siswa SMPN 1 Payakumbuh Terpilih Sebagai Pemain Inti GSI Nasional

IMG-20211201-WA0037.jpg

Payakumbuh ,- Benuanews.com . Ei Insan pendidikan dari Kota Payakumbuh berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Pelajar asal SMPN 1 Payakumbuh, Yaitu Muzzaki Afif Indra terpilih sebagai salah satu dari sebelas pemain terbaik Gala Siswa Indonesia (GSI).

Prestasi yang diraih Muzzaki ini tidak mudah. Dirinya harus melewati seleksi ketat dari tingkat sekolah, kota, provinsi, hingga nasional. Berkat kerja keras serta dukungan dari orang tua, sekolah, dan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, termasuk pemerintah kota, pelajar SMPN 1 Payakumbuh itu sukses mengharumkan nama kota kelahirannya di tingkat nasional.

Untuk mencapai GSI Nasional itu, Muzakki harus bersaing dengan ratusan pelajar lainnya dari berbagai kota serta provinsi se Indonesia.

“Alhamdulillah, prestasi ini sangat membanggakan. Mudah-mudahan pelajar kita ini nantinya menjadi pemain sepak bola nasional yang handal,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril kepada media pada Selasa (30/11).

Dijelaskan Dasril, Sumatera Barat mengutus 5 pelajar untuk mengikuti penjaringan GSI Nasional yang dihelatkan di Bogor Jawa Barat sejak pertengahan April lalu. Lima pemain tersebut, semuanya merupakan putra-putra terbaik dari Kota Payakumbuh. 

“Yang membuat kita bangga, perwakilan Sumbar ikut seleksi GSI ke nasional, semuanya dari Payakumbuh,” ujarnya.

Kelima pelajar Payakumbuh yang mengikuti seleksi GSI Nasional tersebut, yakni Muzzaki Afif Indra (SMPN 1 Payakumbuh), Naufal Dzaki Ansyori (SMPN 1 Payakumbuh),  Adrian Maulana Putra (SMPN 2 Payakumbuh), Muhammad Daffa Alfarizi (SMPN 4 Payakumbuh ), dan Frans Maulana (SMPN 9 Payakumbuh).

Dasril menambahkan, pada tahun sebelumnya, Kota Payakumbuh juga berhasil mengirimkan pelajarnya ke GSI sampai ketingkat nasional. Bahkan alumni GSI tersebut kini sudah menjadi peserta pada Tim Sepakbola Nasional U-16. Diantaranya Gala Pagamo (SMPN 1 Payakumbuh), Putra Arrafi (SMPN 1 Payakumbuh), dan Sukrozan Nafis (SMPN 3 Payakumbuh).

“Mudah-mudahan Muzzaki bisa mengikuti jejak kakak kelasnya dan terpilih sebagai pemain timnas yang profesional. Sehingga, nantinya keberhasilan Muzzaki berdampak positif terhadap nama baik Kota Payakumbuh dikancah nasional,” kata Dasril.

Ditambah, guna mencetak atlet berprestasi Wali Kota Riza Falepi sudah membuatkan berbagai sarana olah raga di Kota Payakumbuh seperti Lapangan Olahraga Terbuka Payakumbuh Bugar. 

“Pada tahun ini bakal selesai pembangunan lapangan sepak bola berstandar nasional di kawasan Batang Agam, semoga kita bisa terus mencetak atlet,” pungkas Dasril. (Julian)

scroll to top