LITERASI DIGITAL
KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR – PROVINSI SUMATERA SELATAN

literasi-3.jpeg

Rabu, 10 November 2021, Jam 09.00 WIB


Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Literasi yang secara sederhana dapat diartikan sebagai melek huruf, kemampuan dan kecakapan baca tulis. Jadi literasi memiliki makna dan implikasi dari keterampilan membaca dan menulis dasar ke pemerolehan dan manipulasi pengetahuan melalui teks tertulis, dari analisis metalinguistik unit gramatikal ke struktur teks lisan dan tertulis. Literasi Digital telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Pentingnya literasi digital bagi masyarakat salah-satunya sebagai sarana meningkatkan pengetahuan tentang warisan budaya. Dalam literasi digital ada berbagai media digital yang bisa digunakan sebagai sarana mempromosikan dan melestarikan warisan budaya indonesia di mata dunia. Warisan budaya indonesia semakin mendunia, berbagai turis luar negeri sampai terkagum-kagum terhadap warisan budaya indonesia. Hampir di semua strategi pelestarian warisan tak benda yang dikaji sudah menggunakan literasi digital, menurut Sopyan Nugroho, S.Pd.I sebagai Guru SMP Negeri 1 Martapura.

Hoax adalah berita bohong atau kabar palsu. Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar. Tapi dibuat seolah-olah benar adanya dan diverifikasi kebenarannya. Dengan kata lain, sebagai upaya memutarbalikkan fakta. Ciri berita bohong adalah diakhiri dengan imbauan agar pembaca segera menyebarkan peringatan tersebut ke forum yang lebih luas, menurut Arif Kurniawan, M.Pd sebagai Dosen dan Ketua Dewan Kesenian OKU Timur. H. Raseno Arya, SE., MM sebagai Asdep Personal Kemenpar 2015-2018 dan Pemerhati Pariwisata memaparkan, cara menjauhi penipuan di internet antara lain, jangan mudah percaya dengan penawaran, jangan keluarkan uang untuk mendapatkan hadiah, selalu jaga kerahasiaan informasi pribadi, dan jauhi software antivirus palsu. Key Opinion Leader oleh Njie Aditya sebagai Influencer menambahkan, pelestarian budaya dapat dilakukan dengan memperkenalkan budaya ke negara lain. Tujuannya agar negara lain mengenal dan menghargai budaya tanah air. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan budaya ke negara lain.

scroll to top