LITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATAN (+)

IMG_20211106_174558.jpg

Rabu, 10 November 2021, Jam 09.00 WIB

Ogan Ilir – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S.H. menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Trsitiniar, S.Pd., M.Pd Tenaga Pengajar SMAN 1 Tanjung Raja Ogan Ilir menjelaskan manfaat literasi digital ialah menambah wawasan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menambah penguasaan kosa kata, meningkatkan kemampuan verbal, meningkatkan daya fokus atau konsentrasi, meningkatkan kemampuan membaca, merangkai kalimat, menulis informasi. Muhimatul Kibtiyah memaparkan Generasi adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan tahun lahir, umur, lokasi dan juga pengalaman historis atau kejadian-kejadian dalam individu tersebut yang sama yang memiliki pengaruh
seignifikan dalam fase pertumbuhan mereka. Jadi, dapat dikatakan pula bahwa generasi adalah sekelompok individu yang mengalami peristiwa- peristiwa yang sama dalam kurun waktu yang sama pula.

Danis Putra Perdana, S.Kom, MM, M.Kom © Dosen Rekayasa Keamanan Siber – Politeknik Bhakti Semesta mengatakan penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku, tanpa membahayakan keamanan diri sendiri ataupun orang lain yang menghasilkan dan dinilai positif dan produktif, serta tidak merugikan. Tidak ada yang benar-benar aman di dunia digital.

Bangun security mindset yang baik dan update pengetahuan tentang teknologi. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Ridzky Surya sebagai Public Figure yang memberikan sharing session, literasi digital dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dengan menerapkan cinta tanah air dan bangsa, masyarakat adil dan makmur, tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan bersatu, serta demokrasi atau kedaulatan rakyat.

scroll to top