LITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATAN

literasi-5-4.jpeg

Senin, 22 November 2021, Jam 13.00 WIB

Ogan Ilir – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akba, S.H. menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar DAMPAK POSITIF BERMEDIA SOSIAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Internet Sehat adalah cara berprilaku yang beretika saat mengakses suatu informasi dari internet, selain itu juga pengguna internet yang sehat tidak melakukan aktifitas internet yang melanggar hukum seperti pelanggaran hak cipta (ilegal), hacking dan mengakses konten ilegal, menurut Winarsih, M.Pd. Arisya Zuhra Namira sebagai Experienced In Marketing memaparkan dampak positif bermedia sosial diantaranya memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, mempersingkat jarak dan waktu, wadah untuk mengekspresikan diri, sarana untuk penyebaran informasi.

Alamsari, M.Pd. mengatakan literasi digital dalam pendidikan merupakan Kemampuan menggunakan beragam teknologi digital (komputer), peralatan komunikasi dan jaringan komputer (hardware dan software) untuk mempermudah dalam membuat, menempatkan, dan mengevaluasi informasi. Oversharing atau membagikan hal pribadi secara berlebihan juga menjadi hal yang harus dihindari. Jangan sharing hal-hal pribadi ke media sosial, misalnya mengunggah KTP, nomor tiket penerbangan, atau sertifikat vaksin, menurut Ahmad Ahlan, S. Pd. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Tya Yustiasebagai Content Creator dan TV Presenter yang memberikan sharing session, dampak positif bermedia sosial. Cara menyikapi perkembangan media sosial yang baik dengan memilih media sosial yang sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk menyikapi media sosial yang kurang baik harus kita saring, yang tidak sesuai dengan pribadi kita, kita tinggalkan. red

 

 

 

scroll to top