LITERASI DIGITAL, KABUPATEN MUSI BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN

Literasi-kominfo.jpeg

Kamis, 28 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB

Banyuasin – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yaitu, H. Herman Deru, S.H menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KETERAMPILAN DIGITAL YANG WAJIB DIKUASAI yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Surat edaran No 4 tahun 2020 tentangpelaksanaan pembelajarandilaksanakan secara daring tanpakontak dan pertemuan antara gurudan murid yang dikeluarkan olehKementerian Pendidikan danKebudayaan. Sosialisasi kepada orangtua bahwa pentingnya kerjasama yang baik agar tidak menggantikan posisi anaknya dalam proses pembelajaran yang berlangsung melalui aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Kemampuan literasi digital mutlak dibutuhkan dimasa pandemi, baik oleh pendidik maupun peserta didik. Ketersediaan jaringan dan perangkat menjadi hal yang juga sangat menentukan keberhasilan proses pendidikan, menurut Agustin Rahmawati, S.Psi., M.Si., Psikolog sebagai Dosen Fakultas Psikologi UNMER Malang.

Halendra S.Ip Kepala SMPN Muhammadiyah Musi Banyuasin memaparkan  literasi digital merupakan respons terhadap perkembangan teknologi dalam menggunakan media untuk mendukung masyarakat memiliki kemampuan membaca serta meningkatkan keinginan masyarakat.Devri Suherdi dalam bukunya “Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) menjelaskan bahwa literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi,jaringan internet dan lain sebagainya.Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Inta Oceania sebagai Presenter dan Vlogger yang memberikan sharing session, hal lain yang perlu dikuasai di era digital yakni etika, budaya, serta kesiapan atau keamanan. Semua ini sangatlah penting dikuasai agar mampu mengoptimalkan pemanfaat berbagai perkembangan di era digital. redaksi

scroll to top