LITERASI DIGITAL KABUPATEN BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN (31)

Literasi-2-2.jpeg

Senin, 18 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB

Banyuasin – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah GubernurProvinsi Sumatera Selatanyaitu, H. Herman Deru, S.H dan Bupati Banyuasin yaitu, H. Askolani, S.H., M.H yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN”oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Agung Ilham Triana, SE., MM.Par. menjelaskan Kenali jenis aplikasi tepat di ruang digital, Sejarah alat pembayaran terdiri : Uang terbuat dari perak atau emas, Paper Based seperti cek dan wesel. Alat pembayaran kartu seperti kartu ATM atau Debit, Electronic Based seperti E-Money, Aplikasi Online seperti Internet Banking. Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang sangat pesat, metode pembayaran pun mengalami berbagai inovasi. Salah satu yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah E-Wallet. Menurut E. Rizky Wulandari, S.Sos., M.I.Kom menjelaskan Tips mendeteksi ancaman keamanan digital media sosial, Keamanan Digital memahami pengertian dan manfaat kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, dan meningkatkan kesadaran keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari. sebagai panduan bagi individu agar dapat menjaga keselamatan dirinya berada pada domain ‘single, formal’ karena sudah menyentuh instrumen-instrumen hukum positif.

Rahmad, S.Pd menjelaskan Bijak dalam menggunggah di media sosial, Media Sosialyang Digunakan Masyarakat Kita seperti: Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dan masih banyak lagi. Empat Konsesus DasarBerbangsa dan Bernegara Wawasan Kebangsaan meliputi : Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nilai Wawasan Kebangsaan yang terwujud dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Mika Nusa Putri, S.Pd., M.Pd menjelaskan Pentingnya literasi digital bagi pendidik meliputi : Syarat kecakapan hidup di abad 21, tidak semua yang di tampilkan di dunia maya menyajikan infomasi yang benar, Guru harus menyiapkan bahan ajar dengan efektif dan kreatif, guru sebagai sumber informasi dan penunjang profesi.

Diakhirioleh Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer,Dimana-mana orang sudah menggunakan internet bahkan di seluruh dunia. Sampai sekarang pun internet salah satu media sosial yang sering di gunakan oleh seluruh masyarakat indonesia maupun para pelajar. Internet sebagai sarana mencari informasi dan berbagi informasi. Dengan internet masyarakat dapat berkomunikasi secara online, bisa juga sebagai sarana pengenalan budaya Indonesia. Internet sangatlah penting untuk situasi di era pandemi seperti ini.

scroll to top