Lapuk, Jembatan Gantung Mandomai Akan Dibongkar

IMG-20210217-WA0043.jpg

Kuala Kapuas(Benuanews.com)-Jembatan Mandomai yang berada di Kecamatan Kapuas Barat yang kondisinya sudah lapuk dimakan usia dan daoat membahayakan masyakat setempat, dalam waktu dekat akan dilakukan pembongkaran.

Plt Kepala dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas Teras ST mengatakan bahwa kondisi jembatan gantung mandomai tersebut sudah memprihatinkan dan rawan roboh, karenanya alan segera dilakukan pembongkaran.

“ ini adalah tahap awal rencana dilakukannya pembongkaran karena jembatan ini sudah tua dan lapuk, “ ucap Teras saat berkunjung kelokasi dan melihat lebih dekat kondisi jembatan, senin(15/2/2021).

Di katakannya, rencana pembongkaran jembatan berbahan kayu ulin yang sudah berusia 45 tahun lebih tersebut, pada tahap awal pengurangan bobot jembatan dengan dibongkarnya bagian lantai dan gelagar.

“Kita bersama masyarakat menyepakati bahwa jembatan yang sudah lapuk ini akan do bongkar dan memang jembatan ini sebenarnya sudah sekian lama di tutup tidak boleh melintas,” jelasnya.

Disebutkan Teras, untuk kedepannya akan dibangun kembali jembatan itu dengan rangka seruoa namun dengan bahan kontruksi bukan kayu ulin lagi namun dengan rangka baja. “
kami tetap mempertahankan bentuk estetikanya yang melengkung, akan tetapi dengan bahan rangka baja,” ucapnya.

Ditambahkannya, jembatan gantung mandomai yang merupakan ikon daerah tersebut tidak bisa hanya di lakukan rehab, kondisi rangka yang sudah lapuk serta goyah memang harus di bongkar.

Semenatara dengan dibongkarnya jembatan yang merupakan salah satu ikon di Mandomai, maka lintas jalan masyarakat akan dialihkan melewati jembatan Puntun pantar yang jaraknya sekitar 1 kilometer berputar. (fendy)

scroll to top