Lapor Polisi, Korban Harap Polres Labuhanbatu Tindak Pelaku Penipuan

IMG_20220618_171938.jpg

BENUANEWS.COM | Labuhanbatu, Sumut –

Merasa ditipu, AT (43) membuat laporan ke Polres Labuhanbatu (17/6/22). Hal tersebut tertuang dalam laporan polisi nomor LP/B/1268/VI/2022/SPKT/Polres Labuhanbatu/Poldasu

AT (43) warga Desa Sidorukun, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu ini melaporkan sang penjual pupuk yang berinisial IC (33) warga Janji Lobi Desa Lingga Tiga, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

Kepada wartawan, korban bercerita belum lama ini menggunakan pupuk NPK cap Lang Mas yang diproduksi oleh CV Anugerah Tani Makmur Gresik-Jatim yang tertulis pada kemasan luar Nitrogen +/- 16%, Phospate +/- 16%, Kalium +/- 16% plus Mikro.

Padahal, ketika pupuk NPK Lang Mas tersebut diuji di laboratorium Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, kandungannya tidak sesuai seperti yang tertulis pada kemasannya, yaitu Nitrogen 0,25%, P2O5 = 0,55% K2O 0,34% dan Kadar Air 8,50%.

Menurut AT pada saat membeli pupuk, IC sempat menjelaskan bahwa pupuk NPK 16-16-16 cap Lang Mas miliknya adalah legal, dan kandungan pupuknya juga sama seperti yang tertulis pada kemasan.

“IC juga sempat menunjukkan kepada saya foto copy legalitas CV Anugerah Tani Makmur, makanya saya percaya,” ucap AT, Sabtu (18/6/2022).

AT menyebut, bahwa dirinya membeli pupuk NPK Lang Mas tersebut dengan harga Rp 250 ribu/sak. Karena murah, ia pun membeli pupuk tersebut sebanyak 20 sak.

“Gara-gara pakai pupuk NPK Lang Mas ini, saya jadi rugi. Karena pokok sawit saya, daunnya seperti layu dan menguning. Saya harus merawat sawit ini supaya kembali hijau dan pulih kembali,” jelasnya dengan nada kesal.

AT bilang, setelah kejadian tersebut, ia harus membeli berbagai jenis pupuk untuk perbaikan dengan uang kantongnya sendiri, karena si penjual ataupun distributor pupuk NPK Lang Mas tak mau bertanggung jawab untuk perbaikan pohon sawitnya yang telah rusak.

Hingga akhirnya, AT memutuskan untuk membuat laporan penipuan ke Polres Labuhanbatu.

“Sebagai korban saya sangat berharap kepada Kapolres Labuhanbatu, Kapoldasu, supaya segera menindak pemain pupuk NPK Lang Mas ini. Kasihan para petani yang bekerja keras untuk meningkatkan produksi tanamannya, dengan harapan dapat menghidupi keluarganya dan menyekolahkan anaknya,” harap AT

(RR)

scroll to top