Kwarcab Siak Terima Anugrah Kepeloporan Gudep Ramah Lingkungan, Penghargaan Ini Satu-Satunya di Indonesia.

IMG-20210823-WA0077.jpg

SIAK, Benua News.Com – Bupati Siak Alfedri hadir pada Peringatan Hari Pramuka ke-60 di laksanakan perhelatan malam apresiasi 60 tahun gerakan pramuka yang digelar secara virtual, Sabtu (21/08/2021) malam.

Acara berlangsung Dipusatkan dari Studio Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY), kegiatan diikuti oleh seluruh pramuka di Indonesia dari 34 Kwarda melalui Zoom dan juga kanal Youtube.

Bupati Siak Alfedri apresiasi penghargaan yang di dapat oleh Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak. Kategori Kepeloporan Dalam Implementasi Gugus Depan Ramah Lingkungan Yang Terinegras, yang di serahkan Ketua Kwarnas Budhi Waseso secara virtual.

“Kami mengucapkan selamat kepada pengurus Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak. Yang menerima penghargaan itu, semoga Pramuka tetap eksisi di tengah pendemi Covid-19″ujar K Kwarcab Siak itu.

Mengingatkan kembali gagasan Sri Sultan Hamengku Buwono IX (Kak Sultan) atas perjuangannya di masa awal Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menginisiasi pembangunan Museum Pramuka. Sebagai awal dari perwujudan tersebut, pada 60 Tahun Gerakan Pramuka ini diselenggarakan Nitik Siti sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat nasional yang dilaksanakan di Yogyakarta.

“Yogyakarta, sebagai tempat di mana Bapak Pramuka lahir serta berkiprah mengembangkan Pramuka, untuk Indonesia, Museum Pramuka ini akan menguatkan karakter serta identitas, bahwa peran pramuka harus nyata dan dijalankan sesuai dengan perkembangan zaman,”ulasnya.

Pada malam apresiasi 60 tahun Gerakan pramuka juga menyerahkan berbagai piagam penghargaan, salah satunya kwartir daerah (kwarda) Gerakan pramuka riau yang meraih 3 penghargaan dari kwartir nasional (kwarnas) ketiga penghargaan tersebut adalah kwarda yang ikut Melaksanakan Penanggulangan Pandemi Covid-19 Selama 2020 –2021.

Dua kwarcab di indonesi, salah satunya yakni Kwartir cabang (kwarcab) Siak mendapatkan penghargaan Kwarcab yang melaksanakan Kepeloporan Dalam Implementasi Gugus Depan Ramah Lingkungan yang Terintegrasi, piagam penghargaan ini satu satunya di Indonesia.

Sementara itu Sekretaris Kwarcap Siak Mahadar menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang telah di raih oleh kwarcab siak.

“Kita mengucapkan syukur atas penganugrahan apresiasi Gerakan pramuka Indonesia Tahun 2021 ini, kwartir cabang 09 Gerakan pramuka siak di nobatkan sebagai Kwartir Cabang memplopori dalam implementasi gugus depan ramah Lingkungan yang terintegrasi, anugrah ini merupakan satu satunya anugrah yang diberikan oleh Kwartin Nasional kepada Kwartir Cabang yaitu Kwartir Cabang 09 gerakan pramuka Siak Kwartir daerah Riau,”ungkapnya.

Tentulah atas nama pimpinan Kwartir Cabang gerakan pramuka Siak mengucapkan terima kasih kepada seluruh gugus depan seluruh Kwartir Ranting yang ada diwilayah kerja kwartir cabang 09 gerakan Pramuka Siak,”terangnya.

Turut hadir di acara penganugrahan 60 tahun Gerakan pramuka siak sekretaris Kwarcab 09 Siak kak Mahadar, Wakil Ketua Abdims Gana dan Lingkungan hidup kak Jon Efendi dan waka binamuda kak Supriyadi.

laporan : Lz,giawa

scroll to top