Kurangi Sampah Plastik di Lingkungan Sekolah , Alfedri Bagikan Tumbler Kepada Siswa/i SMAN di Kandis.

IMG-20240814-WA0087-scaled.jpg

Kandis-Benua news com : Untuk mengurangi sampah plastik di Kabupaten Siak, khususnya sampah plastik di lingkungan sekolah, Bupati Siak Alfedri menyerahkan secara langsung tumbler (Wadah Minum) kepada Siswa dan Siswi di SMAN 1 Kandis dan SMAN 3 Kandis.

Penyerahan tumbler tersebut, dilaksanakan pada kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, dan Prekursor Narkotika (P4GN) di SMAN 1 Kandis dan SMAN 3 Kandis, Rabu (14/8/2024).

“Di tahun 2021, Indonesia menjadi negara ke-5 dengan buangan sampah plastik ke laut terbanyak di Dunia dengan jumlah 56.333 Ton. Jumlah tersebut sekitar 6 persen dari sekitar 824.234 ton sampah plastik yang dihasilkan oleh Indonesia,” ucap Alfedri.

Oleh karena itu, sambungnya, untuk membantu mengurangi sampah plastik di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Siak membagikan Tumbler kepada para Siswa dan Siswi, untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah.

“Hari ini bapak akan bagikan tumbler kepada anak-anak bapak di SMAN 1 dan SMAN 3 Kandis. Bapak harap tumbler ini digunakan sebaik mungkin, dan dibawa ke sekolah setiap hari. Tumbler ini bapak kasi supaya kita bisa mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Siak Alfedri juga mengingatkan kepada para siswa dan siswi agar tidak dan jangan sesekali memakai narkoba. Di Indonesia ada sekitar 18.000 orang setiap tahun meninggal dan 50 orang setiap hari meninggal Karena narkoba. Dan saat ini, narkoba sudah masuk ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk di Desa, tanpa terkecuali.

“Oleh karena itu, bapak mengajak dan meminta kepada para siswa dan siswi jangan sekali-kali memakai narkoba, serta jangan sampai ada niat mencobanya. Karena efek negatif dari memakai narkoba ini sangat berbahaya, salah satunya bisa menyebabkan kematian,” ajak Alfedri kepada para siswa/i.

Alfedri juga menjelaskan, agar terhindar dari Narkoba, perbanyaklah melakukan kegiatan positif, seperti sering berolahraga, dan perbanyak belajar kelompok.

“Dengan banyaknya kegiatan positif yang kita lakukan setiap hari, akan menjauhkan pikiran anak-anak bapak dari penyalahgunaan Narkoba. Dan ingat jangan hancurkan masa depan kita dengan memakai narkoba, karena bapak yakin anak-anak bapak semua bisa dan mampu bersaing kedepannya, tapi tanpa narkoba,” pinta mantan Camat Minas itu.

Denisa (17) salah seorang Siswi SMAN 1 Kandis merasa senang dan berterimakasih kepada Bupati Siak Alfedri, yang telah berkesempatan hadir langsung ke SMAN 1 Kandis.

“Saya senang bisa jumpa langsung dengan pak Bupati dan saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Siak pak Alfedri, yang telah datang ke SMAN kami,” ucapnya.

Selain itu, Denisa juga mengucapkan terimakasih karena sekolahnya dipilih sebagai tempat untuk Sosialisasi Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, dan Prekursor Narkotika (P4GN).

“Dengan adanya sosialisasi ini, kami jadi tau tentang apa itu narkoba, baik itu jenisnya, bahayanya, dan efek negatifnya. Sehingga kami bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba itu,” tandasnya.

(Agus zega/infotorial)

scroll to top