Kolonel Kav Eko Agus Nugroho Pimpin Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun

IMG-20240817-WA0075.jpg

PEKANBARU || Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 Tahun 2024, Korem 031/WB laksanakan Upacara Penaikan Bendera dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Korem 031/WB Kolonel Kav Eko Agus Nugroho, S.I.P., M.Si dan bertindak sebagai komandan Upacara Wadan Denpall/V Pekanbaru Mayor Cpl Bernad Harefa yang di ikuti oleh seluruh Personil Prajurit dan PNS jajaran Korem 031/WB yang berlangsung di Lapangan Upacara Makorem 031/WB, Sabtu 17 Agustus 2024.

Membacakan amanat tertulis Panglima TNI, Kasrem 031/WB menyampaikan “Upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus tahun ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju.” Momentum bersejarah ini melambangkan transisi perpindahan ibu kota, sekaligus keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti. Para Prajurit dan PNS TNI yang saya cintai dan saya banggakan, Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan, pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang pendiri Republik ini, yaitu para pahlawan kusuma bangsa yang telah berkorban jiwa dan raga. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan, serta melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

TNI sebagai komponen utama dalam Sistem Pertahanan Semesta harus mampu menjadi pelopor perekat kemajemukan bangsa agar Indonesia tetap utuh, kuat dan tangguh. Untuk itu, setiap personel TNI harus selalu menggelorakan rasa kebersamaan, toleransi dan solidaritas di lingkungannya masingmasing guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Ke dalam, soliditas TNI yang dilandasi kesamaan tekad, semangat dan visi TNI yang PRIMA dalam setiap pelaksanaan tugas perlu terus dibangun karena hal tersebut merupakan kunci utama peran diatas.

Para Prajurit dan PNS TNI sekalian, Berkaitan dengan tahun politik 2024 yang sebentar lagi akan digelar yaitu Pilkada Serentak, TNI berkomitmen penuh untuk menjaga netralitasnya. Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, dimana diantaranya untuk tidak berpolitik praktis. Hasil survei media terkemuka pada bulan Juni yang lalu terkait citra lembaga negara, menyatakan TNI berada pada urutan teratas.

Hal ini membuktikan bahwa keberadaan TNI selalu dibutuhkan dan terus mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Untuk itu, pada kesempatan ini, Saya selaku Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan PNS TNI atas Semangat, Dedikasi, Loyalitas dan Profesionalisme yang telah ditunjukkan dalam menjalankan tugas selama ini. Terus bekerjalah dengan niat ibadah, tulus dan ikhlas. “Dirgahayu Republik Indonesia”. Tutup Kasrem

Turut hadir pada Upacara para Kasi Kasrem, Dan/Ka Satdisjan Jajaran Korem 031/ WB, Prajurit dan PNS Jajaran Korem 031/WB.

scroll to top