Ketua PMI SUMBAR Melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI PASBAR

IMG-20211007-WA0011.jpg

PASAMAN BARAT,Benuanews.com–,
Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Pasbar Resmi Dilantik oleh Ketua PMI SUMBAR,Aristo Munandar pada Rabu,(06/10/2021).

Bupati Pasbar, H. Hamsuardi saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PMI Cabang Pasaman Barat (PASBAR) Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat (Sumbar), masa Bakti 2021 – 2026 secara resmi dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Sumbar, Aristo Munandar di Aula kantor Bupati Pasbar.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan ikrar dan penandatanganan berita acara pelantikan Dewan Kehormatan serta Pengurus PMI Kabupaten Pasbar Masa Bakti Tahun 2021 – 2026. Penandatangan berita acara dilakukan oleh, Ketua PMI Provinsi Sumbar Aristo Munandar, Ketua PMI Kabupaten Pasbar, H. Risnawanto dan Ketua Dewan Kehormatan Hj. Yunisra Syahiran, serta Bupati Pasbar, H. Hamsuardi.

Pelantikan selain disaksikan oleh Bupati Pasbar,  juga dihadiri oleh Jajaran Forkopimda, para pejabat di lingkungan Pemkab Pasbar, dan jajaran PMI Pasbar serta para relawan serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar mengatakan, PMI bergerak di bidang kemanusiaan dan diharapkan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi apapun. Untuk itu harus bersinergi dan dapat bermitra dengan pemerintah.

“Saat ini yang menjadi kendala PMI adalah memenuhi kebutuhan darah. Dengan dilantiknya pengurus PMI Pasbar ini diharapakan dapat menambah semangat untuk mengabdi bagi negeri ini, terutama menolong masyarakat yang membutuhkan,”ungkap Aristo.

Menurut Aristo, untuk memenuhi kebutuhan darah, PMI diminta agar dapat bekerja sama dengan semua stakeholder seperti, Pemda, TNI, Polri, BPBD, camat dan masyarakat pendonor dengan melakukan koordinasi yang intensif.

Ketua PMI Provinsi Sumbar juga berpesan agar para Dewan Kehormatan dan Pengurus yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara bijaksana, inovatif dan mengayomi seluruh jajaran PMI hingga dapat mengantarkan PMI ke depannya untuk lebih maju lagi.

Sementara itu Bupati Pasbar, H. Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan, PMI sebagai bagian dari pada panggilan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat harus terus dikembangkan. Bupati juga mengapresiasi PMI Pasbar yang telah berkiprah di Kabupaten Pasbar selama ini hingga kehadirannya dirasakan oleh masyarakat.

“Kami ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Pasbar Masa Bakti Tahun 2021 – 2026, Semoga PMI Kabupaten Pasbar semakin profesional, netral, mandiri dan bergerak bersama masyarakat, sesuai visi Palang Merah Indonesia,” pungkas Hamsuardi.

Menurut bupati, dengan adanya relawan PMI yang sudah menyebar di lapangan, maka PMI yang selalu siap dan hadir di semua tempat pada saat yang bersamaan akan dapat dirasakan keberadaannya di tengah masyarakat, hingga sinergitas yang terjalin bisa membantu program pembangunan pemerintah sebagai mitra dalam membangun Pasaman Barat.

“Seperti saat ini kondisi pandemi Covid-19, PMI dengan relawannya selama ini banyak membantu pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19. Terutama kegiatan Fardhu kifayah pemakaman jenazah Covid-19 yang dikerjakan oleh relawan-relawan PMI Pasbar,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pasaman barat menyerahkan satu unit mobil donor darah keliling kepada ketua PMI Pasbar, untuk kendaraan operasional dalam kegiatan donor darah.

Ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat terpilih, H. Risnawanto yang juga Wakil Bupati Pasbar ini dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta menyukseskan kegiatan PMI ini, terutama kepada Ketua Pengurus PMI Provinsi Sumbar dan jajaran Pengurus PMI Kabupaten maupun tingkat Kecamatan termasuk para relawan yang telah mengamanahkan dan memilih dirinya secara aklamasi pada Musyawarah Kabupaten  (MUSKAB) beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada Rabu 05 Mei 2021.

Risnawanto juga mengapresiasi semua jajaran PMI Pasbar dan Khususnya kepada para relawan PMI yang telah berbuat dan berjuang demi kemanusiaan di tengah masyarakat tanpa pamrih menghadapi pandemi Covid-19, termasuk juga relawan Donor Darah yang telah rela menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama.

“Penghargaan yang setinggi – tingginya untuk para relawan, karena tanpa relawan kami pengurus ini tidak akan bisa berbuat apa-apa,” ucapnya.

Risnawanto berharap, PMI Pasbar bersama kepengurusan tingkat kecamatan dan relawan,  kedepannya dapat memiliki jaringan relawan yang lebih kuat sampai ke tingkat nagari bahkan jorong. Sehingga bisa membantu pemerintah untuk hadir di lokasi bencana secepat mungkin dalam membantu masyarakat.

Riswanto menambahkan, sebagai sebuah Organisasi Kemanusiaan, PMI tidak hanya mengurus donor darah saja, namun juga penanggulangan bencana, kesiapsiagaan, pelayanan kesehatan dan sosial, serta penanganan Covid-19 bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Pasbar.

“Mari kira terus berusaha meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana dengan membuat nagari binaan khususnya di nagari yang rawan bencana dan jauh dari jangkauan pemerintah,” tegas Risnawanto.

(Saipen kasri)

scroll to top