KEREEN!!OBJEK WISATA DHARMASRAYA

IMG-20210806-WA0004.jpg

Benua News: Dharmasraya salah’ satu kota yang terbilang muda,sejak melepaskan diri dari Kabupaten Induk Sawahlunto Sijunjung pada tahun 2003.

Kabupaten berlogo Cati nan tigo di Sumatera Barat ini, semakin memboming di kancah nasional.

”Wilayah ini dulunya pernah menjadi ibukota dari pemerintahan Kerajaan Melayu tua.

”Luas wilayah mencapai 3.346 Km2,tentu banyak sekali wisata indah yang memukau, yang bisa dijadikan objek wisata.

”Kota ini juga memiliki populasi yang cukup padat penduduknya yang terdiri dari suku Minang, Jawa,Batak, Sunda Dll.

”Kali ini Benua news,telah merangkum wisata yang ada di negeri kerajaan ini, yang bisa membuat Anda kagum, dan tak terlupakan saat singgah ke kabupaten Pedro dolar ini.

1.Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun adalah air terjun mini,dengan Pemandangan alam yang masih asri dan indah,Bergaya modern walaupun sudah ada sentuhan tangan manusia, namun keindahan air terjun ini tetap terjaga dengan baik, dan kualitas air masih jernih.dan bersih.

ini sangat cocok buat keluarga untuk mengunjungi wisata tersebut, air terjun ini juga cukup ramah sehingga aman untuk anak kecil bermain

Beragam fasilitasi murah dan memadai seperti toilet, ruang ganti dan kuliner.

Biaya masuk juga cukup terjangkau. Sudah dapat dipastikan ini adalah salah satu destinasi wisata yang merakyat.

Area ini berada di Jorong Kubang Panjang Kenagarian IV Koto, Kec. Pulau Punjung.

2.Bendungan Batu Bakawuik

Bendungan Batu Bakawuik ini yang diresmikan oleh presiden SBY tahun 2009 lalu.

sebenarnya
Fungsi utama adalah untuk irigasi persawahan masyarakat,namun corak bendungan ini sangatlah memukau dan seringkali di kunjungi oleh masyarakat, akhirnya lama kelamaan cukup terkenal.

Setidaknya ada ribuan lahan yang subur berkat adanya bendungan yang luas dan besar ini. Namun seiring perjalanan waktu, beberapa spot yang ada di bendungan ini sering dijadikan destinasi wisata.
Area ini tepat di Koto Nan IV Dibawuah, Kec. IX Koto.

3.Bukit Tambun

Bukit Tambun
Sebuah bukit yang indah dan luas,lokasi ini sering dijadikan lokasi paralayang.

karena bukitnya cukup bersahabat Banyak atlet,atau pengunjung biasa yang suka ke bukit ini hanya untuk terbang bebas dengan layangan besar.

Angin yang ada di bukit ini cukup stabil sehingga dapat membuat aktivitas paralayang menjadi lebih menyenangkan.

Area ini cukup dekat dengan pusat kota Dharmasraya tempat ini mudah untuk dikunjungi. Sekilas tempat ini mirip dengan padang rumput jika dilihat dari atas karena tidak ada pohon besar yangyang menghalangi.

Areal tepat: Sungai Kambut, Kec. Pulau Punjung,

  1. Candi Padang Roco
    Candi Padang Roco
    Situs sejarah yang menjadi saksi bisu adanya kerajaan Melayu tua di wilayah Sumatera.situs ini tidaklah pernah sepi pengunjung. Meski sekilas nampak seram dan menakutkan karena banyak bangunan tua yang kurang terawat namun situs ini tetap memberikan nilai budaya yang sangat kuat.

Sebenarnya keberadaan candi baru benar dilakukan perawatan sejak tahun 2010 yang lalu sehingga banyak benda sejarah yang sudah rusak atau hilang. Meski demikian keindahan yang ada di tempat ini tetap saja memiliki ciri khas berbeda.
Lokasi: Siguntur, Kec. Sitiung,

  1. Candi Pulau Sawah
    Candi Pulau Sawah
    Sekilas candi ini mirip dengan replika saja, meski demikian namun situs candi ini benar dan asli. Memang ada beberapa kerusakan di beberapa tempat, karena itu situs ini diberikan rumah khusus agar bentuk candi tetap dapat terjaga dengan baik.
    Datang ke wisata ini Anda akan melihat beberapa hal yang tidak biasa pada sebuah candi. Penasaran? Silakan saja datang sendiri kemudian bandingkan dengan beberapa lokasi candi yang ada di Nusantara. Tentu akan memiliki aura dan citra yang berbeda.
    Lokasi: Siguntur, Kec. Sitiung, Kab.
    6.Danau Hijau

Danau Hijau
Disebut dengan danau hijau karena warna air yang ada di danau ini bewarna hijau. Belakangan ini wilayah Sumatera barat memang muncul beberapa danau karena memang dapat dikatakan munculnya, danau ini karena buatan manusia.

Banyak area Pertambangan yang kini berubah menjadi destinasi wisata karena menjadi lahan yang indah dan cantik. Tak ayal semua orang sering datang untuk berfoto atau selfie di tempat yang indah tersebut. Salah satunya Danau Hijau ini merupakan objek wisata yang merupakan objek wisata yang berasal dari hasil tambang.

Lokasi: Sitiung IV, Kec. Sungai Rumbai, Kab.

  1. Embung Koto Ranah
    Embung Koto Ranah
    Ini dahulunya adalah area persawahan yang tidak terawat,kini menjadi ikon kebanggaan bagi masyarakat koto ranah, paling menarik yang ada di embung ini ialah balon udaranya. Balon udara yang untuk bisa disewakan bagi pengunjung untuk berkeliling di sekitar embung, serta melihat pemandangan menarik yang bisa Anda lihat jika naik ke balon udara ini.

Beragam keindahan tersebut sesuai dengan fasilitas yang tersedia di sekitar embung, sangat lengkap dan modern. Beragam fasilitas tersebut antara lain toilet,bebek dayung, rumah makan dengan beragam menu dan lahan parkir yang luas. Pasti seru jika datang ke embung ini secara berkelompok.
Lokasi: Koto Ranah, Kec. Koto Besar,

  1. Ngalau Cigak

Ngalau Cigak
Tempat ini berupa dataran tinggi yang memiliki panorama indah. Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan sawah dan lahan hijau saja. Ada beberapa sungai dan danau yang bisa Anda lihat dari ketinggian. Hanya saja.untuk bisa datang ke puncak Ngalau Cigak ini butuh perjuangan yang panjang dan lama. Jika Anda pendaki pemula maka butuh waktu sekitar 2 jam saja.

tempat ini cukup menantang anderlin anda karena rutenya cukup sulit.
Area Lokasi: Kampung Surau, Kec. Pulau Punjung,
Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan moment berharga itu dengan berfoto atau merekam video. Banyak sekali pemandangan yang indah.

9.Puncak Gunung Medan

Puncak Gunung Medan
Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di atas puncak, salah satunya meletakkan bendera merah putih. Kemudian Anda bisa kemah sejenak dengan bekal yang cukup banyak, puncaknya gunung yang sejuk dan dingin.
Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan moment berharga itu dengan berfoto atau merekam video. Banyak sekali pemandangan indah yang bisa Anda nikmati bersama sahabat atau orang tersayang. Tidak dianjurkan membawa balita ke puncak gunung ini karena treknya cukup berbahaya.

Lokasi: Gunung Medan, Kec. Sitiung,

  1. Rumah Gadang Siguntur

Rumah Gadang Siguntur
Meski namanya Siguntur namun rumah ini bukan milik Guntur putranya Soekarno presiden pertama.

Seyogyanya, rumah ini berupa peninggalan Kerajaan Islam yang ada di Sumatera Barat. Di dalam rumah ini terdapat banyak benda kuno yang tertata rapi dan terawat
Beragam benda tersebut dirawat dengan baik agar generasi berikutnya dapat melihat benda bersejarah sebagai salah satu situs yang bisa dijadikan sebagai rujukan budaya.

Pemerintah setempat memang mengalokasikan dana dengan jumlah tertentu agar situs ini tetap dapat terawat dengan baik.

Lokasi: Jorong Siguntur, Nagari Siguntur, Kec. Sitiung,

Itulah 10 tempat wisata di Dharmasraya yang menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat yang asik dan menarik di Sumatera Barat ini bisa Anda kunjungi bersama sahabat atau keluarga tercinta.

Semua destinasi wisata tersebut cukup beragam. Anda dapat memilih tempat yang bernilai budaya, atau sekedar bernuanasa alam saja.

Ada juga beberapa lokasi yang sudah dikelola secara modern meski tidak meninggalkan kesan alami.

Yang jelas, beragam destinasi wisata tersebut tentu memiliki ciri khas dan kharisma tersendiri.

yang akan membuat orang terkesan. Semoga liburan Anda menyenangkan

Bendungan Batu Bakauik
Rumah Gadang Sihintur
Anak Gunung Medan
Mnuju Puncak Ngalau cigak
Embung Koto Ranah
Candi Padang Roco
Bukit Tambun

Reporter Tim benua Dharmasraya.

scroll to top