Kepala BRG RI Panen Ubi Kayu, Dilahan Gambut Seluas 10 Ha

Kampar (benua) –  Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH mendampingi Kepala Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia Nazier Fuad melakukan Panen Ubi Kayu di lahan gambut seluas 10 ha, Senin, (27/7).

Bupati Kampar menyampaikan apresiasi pemanfaatan lahan gambut, yang luasnya melebihi 91 ribu ha, baru sebagian kecil yang bisa dimamfaatkan oleh masyarakat ditanami ubi dan nenas.

“kami sangat berterima kasih kepada Kepala Badan Restorasi Gambut RI atas prakarsa dalam pemanfaatan lahan ini, Semoga kedepan dapat dilanjutkan pemanfaatn lahan gambut yang cukup luas di Kabupaten Kampar” Kata Catur Sugeng Susanto

Sugeng  berharap ini dapat menghindari kerusakan ekosistem gambut dengan Menyelaraskan ekonomi masyarakat di disekitar lahan gambut.

Sementara Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazier Fuad kegiatan ini sekaligus lonching ketahanan pangan dan Panen Raya Ubi Kayu pada pokmas Tunas Karya serta penandatanganan Revitalisasi ekonomi ini sesuai dengan amanat presiden RI Joko Widodo.

Penandatanganan Komitmen dan pelestarian dengan pendekatan Ekonomi masyarakat, dengan pembinaan masyarakat, pengelolaan Gambut yang berkelanjutan.

Makmun Murod Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau menyampaikan bahwa kegiatan dilahan gambut telah banyak dilaksanakan diantaranya revitalisasi dan revegetasi lahan gambut, adanya sumur bor, pemanfaatan lahan gambut, tentunya untuk peningkatan ekonomi masyarakat maupun terhadap terpelihara Ekosistem gambut.

Kegiatan dihadiri, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono, Dandim 0301/KPR Letkol Aidil Amin dan Forkopimda Kampar, Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau Makmun Murod, Kadis Pertanian Kampar Ir. Bustan, Kadis Ketahanan Pangan Cokroaminoto dan Camat Tapung Amri Yudo.(DF)

scroll to top