Kelurahan Gunung Pangilun Kejar Target Minimal 80 Persen Warga Tervaksin

IMG-20211122-WA0019-1.jpg

Padang, Benuanews.com Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 secara di Kelurahan Gunung Pangilun telah mulai dilaksanakan sejak beberapa hari ini. Tim vaksinator dari puskesmas Alai turun ke lapangan mendatangi warga ke rumah, warung, maupun lokasi lainnya yang bisa memfasilitasi mereka untuk mendapat vaksin.

Lurah Gunung Pangilun Yun Subekman kepada Benuanews, Senin (22/11), di lokasi vaksin di PT Pertani menyampaikan meski target herd immunity di bulan Desember, dirinya selaku pengambil kebijakan di Kelurahan Gunung Pangilun ingin bekerja cepat dan efektif, ditambah saat ini Kota Padang sudah berstatus zona hijau.

“Kalau secara target kita sudah melebihi dari target yang diberikan, yakni 75 persen. Akan tetapi kalau bisa 100 persen kenapa tidak? Lagian stok vaksin kita sudah memadai. Menyelamatkan banyak nyawa masyarakat dari bahaya Covid-19 adalah prioritas kita,” kata Yun Subekman.

PLT Lurah Gunung Pangilun ini juga menghimbau semua elemen untuk saling bersinergi menyukseskan program vaksinasi gratis ini. Dengan begitu, herd immunity atau kekebalan tubuh masyarakat bisa tercapai sesuai yang diinginkan.

Sementara itu, Kapolsek Padang Utara AKP Nahri Syukra mengatakan vaksinasi gratis ini diharapkan bisa menjawab keluhan masyarakat yang selama ini merasa lama mengantri saat ikut gebyar vaksinasi karena banyaknya peserta mendaftar di satu titik, sementara mereka harus meninggalkan usahanya demi mendapat vaksin.

“Dengan vaksinasi gratis di beberapa titik ini, warga tidak perlu khawatir untuk berlama-lama antri menunggu giliran.

AKP Nahri Syukra menyampaikan saat ini capaian vaksinasi di Padang Utara hingga saat ingin sudah mencapai 80 persen. “Kalau soal target kita sudah tercapai, akan tetapi kita tidak berpuas diri dengan capaian tersebut” ujar Kapolsek. Kami dari pihak kepolisian sesuai dengan perintah bapak Kapolres akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bersedia untuk di vaksin, lanjut AKP Nahri.

Dijelaskannya, vaksinasi gratis ini diharapkan bisa menjangkau warga yang belum di vaksin. Selama ini saat gebyar vaksinasi di beberapa lokasi pihaknya juga memfasilitasi warga luar daerah, sehingga catatan realisasi terhitung masuk ke data capaian daerah tersebut.

“Vaksinasi kali ini kita utamakan ke kelurahan yang masih minim capaian vaksinasinya, kami berharap lurah dan penyuluh kesehatan bisa ikut proaktif mengedukasi warga dan berkoordinasi dengan tenaga kesehatan kita,” kata AKP Nahri.

“Kita masih efektifkan peserta vaksinasi dari semua peluang, baik peluang layanan di gebyar kelurahan, kecamatan, puskesmas, maupun mendatangkan vaksinator ke sekolah. Disamping kita intens berkoordinasi dengan dinas kesehatan, puskesmas, dan polres. Data kita update data tiap hari secara realtime, dan untuk sekolah yang capaian masih minim kita intervensi dengan komunikasi langsung dengan kepala sekolah,” kata AKP Nahri.

scroll to top