Kehadiran Pasi Pers Kodim 0322/Siak Warnai Penutupan Spektakuler Pekan Budaya 2024

IMG-20240826-WA0044.jpg

Siak, Benua news com : Minggu malam (25/08/2024), suasana lapangan bawah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) di Jalan Panglima Ghimbam, Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak, dipenuhi dengan semarak budaya dan tradisi. Pekan Budaya Tahun 2024 yang telah berlangsung selama beberapa hari ditutup dengan penuh khidmat dan meriah pada pukul 20.50 WIB. Acara penutupan ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Pasi Pers Kodim 0322/Siak, Kapten Inf Edison Ginting, yang mewakili Dandim 0322/Siak, Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, M. Han.

Acara dimulai dengan serangkaian penampilan yang mencerminkan kekayaan budaya Melayu dan keberagaman etnis di Kabupaten Siak. Para hadirin disuguhkan dengan penampilan memukau dari Ruas, Tari Tanggal dan Tari Gending, serta pertunjukan Talempong Tradisional yang menggema di sekitar lapangan. Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Siak menekankan pentingnya Pekan Budaya sebagai wadah untuk menampilkan keunikan budaya lokal, baik dalam bentuk kuliner maupun pertunjukan seni.

Wakil Bupati Siak, Husni Mirza, BBA, MM, secara resmi menutup acara dan menekankan bahwa festival ini bukan hanya ajang hiburan, tetapi juga sarana penting untuk memahami dan melestarikan warisan budaya tak benda yang merupakan bagian integral dari identitas masyarakat Melayu.

Acara ditutup dengan penampilan Mahligai, sebuah tarian tempo dulu, dan Setuah EtnicD yang membawa nostalgia masa lampau. Pada pukul 22.50 WIB, rangkaian acara selesai dalam keadaan aman dan tertib, meninggalkan kesan mendalam bagi para hadirin. Kehadiran Pasi Pers Kodim 0322/Siak dalam acara ini semakin menegaskan peran serta TNI dalam mendukung pelestarian budaya lokal dan mempererat hubungan dengan masyarakat.

Pekan Budaya 2024 ini berhasil menjadi cermin dari keragaman budaya Kabupaten Siak yang kaya, sekaligus memperkuat tali silaturahmi di antara masyarakat, pelaku seni, dan pemerintah daerah.

Editor : Agus zega
Pendim : 0322/Siak

scroll to top