Ini Unek – Unek Warga Dengan Bupati Pessel Saat Peninjauan Jalan Tertimbum Tanah Longsor

IMG-20230901-WA0000.jpg

PESSEL, Benuanews.Com – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, melakukan peninjauan jalan yang tertimbum tanah longsor di Kampung Parak Batu Patah Kenagarian Batu Hampa Kecamatan Koto XI Tarusan, Rabu (30/8/2023).

Peninjauan itu, Bupati didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Koto XI Tarusan Nurlaini dan Wali Nagari Batu Hampa, Rino Rahma Putra.

Kedatangan Bupati disambut warga setempat lalu berbincang agar keinginan mereka terpenuhi perihal kondisi jalan yang tertimbum tanah longsor di daerah itu agar segera di Rehabilitasi.

Tampa pikir panjang, Bupati Rusma Yul Anwar langsung meminta Dinas terkait jalan yang tertimbum tanah itu di Rehabilitasi.

“Jalan yang tertimbum tanah longsor di Kampung Batu Patah, ini segera diperbaiki,” perintah Rusma Yul Anwar kepada Kepala Dinas PUTR, Devitra di lokasi.

Tak hanya itu, mereka juga meminta lampu jalan yang mati di daerahnya agar di perbaiki.

“Pak Kadis Perhubunganya ada di sini. Minta sama dia langsung. Kalau tidak mau usir dia dari sini,” seloroh Rusma Yul Anwar di hadapan warga.

“Kita akan perbaiki secepatnya pak,” saut Kepala Dinas Perhubungan Pessel Syafri Joni.

Sementara itu, Wali Nagari Batu Hampa Kecamatan Koto XI Tarusan, Rino Rahma Putra mengatakan jalan yang tertimbum tanah longsor tersebut karena gorong – gorong yang ada di daerah itu tertutup.

Sehingga ketika hari hujan, kata dia, mengakibatkan jalan tertimbun tanah dan rumah warga di sekitar itu terkena banjir.

“Di sini ada 6 titik gorong – gorong yang tidak berfungsi (tertutup),” ungkapnya.

Di Kampung Parak Batu Patah, Kenagarian Batu Hampa, Bupati Rusma Yul Anwar menyalurkan bantuan sembako jenis beras ke 11 Kepala Keluarga. Setelah itu Bupati melanjutkan peninjauan ke Kampung Tanjung Nagari Duku Utara, Nagari Baruang Baruang Belantai Utara, dan Nagari Baruang Baruang Belantai Timur. Dan berakhir di Nagari Sungai Pinang dalam rangka Survey lokasi pembangunan SMK Pariwisata.(Wandi)

scroll to top