Hujan deras mengguyur dua kecamatan di bolmong. 12. desa.terendam banjir.

Benuanews.com-Kabupaten Bolmong-Hujan dengan intensitas tinggi memicu kejadian banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bolmong, Provinsi Sulawesi Utara. Peristiwa ini berlangsung pada Rabu (1/2/2023), sekitar pukul 02.00 waktu setempat.

Sebanyak 15 desa terdampak banjir di kecamatan Lolak. Saat banjir terjadi tinggi muka air antara 70 cm hingga 100 cm.
Kapolsek LOLAK IPTU R. RORONG, S E dan camat Lolak YUNIUS MOKOGINTA serta Anggota TNI MISRAN MAMONTO masih memantau titik-titik yang terdampak banjir. Selain genangan, Tim gabungan menginformasikan adanya 4 titik jalan terdampak tanah longsor.

Akibat kejadian ini, Jalan Trans Sulawesi diberitakan sebelumnya sempat terjebak kemacetan (akibat longsor) hingga beberapa jam,” kata Kapolsek LOLAK.
Tidak bisa di lalui karena tertimbun tanah longsor. Kejadian ini berada di Desa sauk, Kecamatan Lolak. Tim gabungan masih melakukan pengamanan dan himbauan kepada pengguna jalan tersebut.

Dari hasil kaji kebutuhan, tim gabungan memerlukan 1 unit Alat berat.
Guna untuk normalisasi jalan tersebut untuk menyingkirkan material longsor yang menutup jalur alternatif jalan trans Sulawesi.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca hingga dua hari ke depan atau 3 Februari 2023, Sulawesi Utara termasuk daerah yang berpotensi hujan lebat disertai dan angin kencang. Sedangkan di Empat kabupaten terdampak, prakiraan cuaca terpantau berawan hingga hujan ringan pada esok hari (1-2-23).

Masyarakat diiminta untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.
(Jeki)

scroll to top