Hubungan Bupati Solok Dan Wakil Bupati Serta Ketua DPRD Kian Memanas

IMG-20220406-WA0033.jpg

Solok, Benuanews.com,- Hubungan Bupati Solok Epyardi Asda dengan Wakil Bupati Jhon Firman Pandu dan Ketua DPRD Kab Solok Dodi Hendra kian memanas. Hampir disetiap kegiatan yang diadakan Pemkab Solok tidak melibatkan Wakil Bupati dan Ketua DPRD.

Seperti Undangan Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok ke-109 yang dijadwal digelar di Gedung DPRD Kabupaten Solok, Sabtu 9 April 2022. Seharusnya yang tanda tangan undangan adalah Bupati dan Ketua DPRD, akan tetapi undangan tersebut ditanda tangani oleh Bupati dan Wakil Ketua DPRD Ivoni Munir. Lucunya lagi, stempel “Ketua DPRD” diganti dengan stempel “Pimpinan DPRD”

Ketua Fraksi Gerindra Kabupaten Solok Hafni Hafiz, A.Md, mengaku sangat geram dengan tindakan Wakil Ketua Ivoni Munir dan Pemkab Solok melalui Sekretariat DPRD (Setwan). Menurut Hafni Hafis, hal ini merupakan pelecehan dan pelanggaran terhadap Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Solok. Hafni Hafiz juga menilai, tindakan ini merupakan puncak dari tidak dilibatkannya Partai Gerindra dalam agenda-agenda pemerintahan di Kabupaten Solok.

“Ini merupakan pelecehan terhadap lembaga DPRD Kabupaten Solok oleh oknum dari internal DPRD sendiri. Partai Gerindra sebagai partai pemenang Pileg 2019 dan mendapat amanah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok 2019-2024, telah dilecehkan oleh institusi dan kelembagaan DPRD. Yakni oleh Wakil Ketua DPRD yang merampas hak Ketua DPRD dan Sekretariat DPRD yang mengakomodir pelanggaran aturan di Setwan,” ungkapnya.

Hafni Hafiz juga menyatakan tindak “perampasan” hak oleh dua Wakil Ketua DPRD dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Solok, merupakan upaya yang terstruktur, sistematis dan massif (TSM) oleh Pemkab Solok di bawah kendali Bupati Solok Epyardi Asda dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Solok. 

“Jika ingin menjadi Ketua DPRD Kabupaten Solok, mestinya harus membuktikannya di Pileg 2024. Bukannya dengan merampas, seperti saat ini. Ini merupakan upaya inkonstitusional yang dilakukan oleh Bupati Solok, Pemkab Solok dan sejumlah Anggota DPRD, yang tidak menerima kenyataan, bahwa Gerindra adalah partai pemenang Pileg 2019,” ungkapnya. 

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok tersebut juga menguak sejumlah fakta lainnya, bahwa dalam agenda-agenda pemerintahan di Kabupaten Solok, Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu dan Ketua DPRD Dodi Hendra tidak dilibatkan. Hal ini menurut Hafni Hafiz diikuti oleh OPD-OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Solok, termasuk oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Solok. 

“Wakil Bupati tidak dilibatkan lagi dalam agenda-agenda pemerintahan. Padahal, Bupati dan Wakil Bupati dipilih masyarakat dalam satu paket di Pilkada 2020 lalu. Bahkan, dalam spanduk, baliho dan poster-poster Pemkab Solok, foto dan nama Wakil Bupati dihilangkan dan diganti dengan istri Bupati. Perlu diingat, Pilkada itu satu paket Bupati dan Wakil Bupati, bukan Bupati dengan istri Bupati. Hal ini diperparah dengan kinerja buruk OPD-OPD dan panitia HUT Kabupaten Solok yang telah ‘menggergaji’ Wakil Bupati,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu, SH, mengungkapkan dirinya juga sangat kecewa dengan tindakan Bupati Epyardi Asda, OPD-OPD Pemkab Solok, dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Solok. Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok tersebut, menegaskan dirinya secara pribafi maupun kepartaian, akan tetap “fight” (melawan) tindakan-tindakan seperti itu.

“Tentu, saya sebagai Wakil Bupati dan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Solok sangat kecewa dengan tindakan zalim ini. Kabupaten Solok ini bukan milik Epyardi Asda dan kelompoknya, tapi milik seluruh masyarakat dan elemen Kabupaten Solok. Kita akan senantiasa ‘fight’, melawan kezaliman ini. Masyarakat tentu bisa menilai,” tegasnya.

Terkait hubungannya dengan Bupati Epyardi Asda saat ini, Jon Firman Pandu mengungkapkan dirinya sudah 9 bulan ini tidak ada komunikasi, apalagi koordinasi dengan Epyardi Asda dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Solok. 

“Saya hanya punya komunikasi di tiga bulan pertama, sejak dilantik pada 26 April 2021. Setelah itu, tidak ada lagi komunikasi, apalagi terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan. Tapi, di Sidang Paripurna Istimewa DPRD HUT Kabupaten Solok 9 April nanti, saya akan hadir. Karena ini adalah ulang tahun seluruh masyarakat Kabupaten Solok. Bukan ulang tahun Epyardi Asda dan kelompoknya,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok dari Partai Amanat Nasional (PAN), Ivoni Munir, S.Farm, Apt, menyatakan surat undangan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Solok tersebut, diajukan oleh Sekretaris DPRD (Sekwan) kepada dirinya. Menurut Ivoni, Sekwan Zaitul Ikhlas mengajukan surat tersebut kepadanya saat Ketua DPRD Dodi Hendra sedang dalam dinas luar. 

“Surat itu diajukan oleh Sekwan. Silakan konfirmasi ke Sekwan. Karena secara admininstrasi, Sekwan yang mengetahui banyak kondisi. Terkait undangan tersebut, kalau dari sisi aturan, pimpinan DPRD boleh mengundang. Rapat-rapat selama ini saya juga sering mengundang, demikian juga dengan Lucki Efendi (Wakil Ketua DPRD dari Demokrat) dan Dodi Hendra,” ujarnya. 

Sekretaris DPRD Kabupaten Solok, Zaitul Ikhlas yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon, hingga berita ini diturunkan tidak mengangkat telepon. Pesan WhatsApp yang dikirimkan kepadanya juga tidak dibalas. 

(Marlim)

scroll to top