Hayat Kumaini Manager Plasma PT Iis Dukung Penuh, Husin Pengurus Komisariat F. Hukatan Ajukan Pencatatan Disnakertrans Kabupaten

IMG_20230801_013315_MkEJVNRT3j.jpeg

BATANG HARI.(Benuanews.com)-Polemik antara kedua belah Pihak organisasi kepengurusan Serikat buruh desa Belanti jaya kecamatan Mersam di PT SJL ( Perusahaan yang bergerak di buah kelapa sawit) yang sudah diberitakan beberapa media online beberapa hari yang lalu sampai saat ini masih terus bergulir. 

Polemik ini juga terdengar ditelinga manager Plasma PT Iis ‘ Hayat Kumaini (Teman lama saudara Husin( ketua Pengurus Komisariat F-Hukatan) ketua salah satu serikat yang berpolemik Senin, 31/07/2023.

” Saat menjumpai beberapa awak media Hayat Kumaini menjelaskan ” bawasanya , sejak awal berdirinya PT SJL ditahun 2016 saudara Husin sudah ada disana, dia orang lama, sudah banyak kontribusi  diperbuat oleh beliau untuk Perusahaan maupun untuk masyarakat banyak teterutama warga desa belanti jaya yang Pada waktu itu sangatlah kesulitan untuk mencari Pekerjaan, ” Yang saya tahu beliau sangatlah Profesional menjadi Pemimpin,  khususnya  memimpin Para anggota buruh bongkar muat di Perusahaan SJL tersebut’  Bebernya. 

“Sewaktu saya bekerja  di PT SJL beberapa tahun yang lalu , kami dari Pihak Perusahaan bemitra baik dengan beliau, tidak ada masalah sampai dengan sekarang dengan Pak husin , ” secara pribadi saya mendukung Penuh beliau berbuat baik untuk masyarakat banyak, muda-mudahan Permasalahan ini cepat selesai dan menemui titik terang ” Pungkasnya. 

Pengurus Komisariat (PK) Federasi Kehutanan, Industri Umum, Perkayuan, Pertanian dan Perkebunan (F-Hukatan) yang berkecimpung di muat bongkar buah sawit di PT Sawit Jambi Lestari (SJL) di Kecamatan Mersam Kabupaten Batang hari Jambi, yang di Pimpin oleh Saudara Husin, mengajukan Pencatatan ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Batang Hari,sudah berulang kali mengajukan Persyaratan akan tetapi hingga saat ini belum juga bisa tercatat. 

Tujuan pencatatan menurut Usin, agar Para anggotanya diketahui dari instansi yang berwenang sebagai bentuk bukti keseriusan kami berserikat Para buruh yang bekerja sebagai bongkar muat di PT SJL

Di tempat terpisah Kepala dinas (Disnakertrans) Saat Jumpai Media ini Mengatakan Serikat F. Hukatan Benar terdaftar dan berbadan hukum. 
Tapi sayangnya Pihak dinas belum bisa memberikan rekomendasi pencatatan di karenakan sebelumnya serikat merekah bermasalah, kita disini tidak ada namanya mempersulit jikalau Persyaratannya sudah terpenuhi semua ” katanya. 

Sementara itu dari pihak Serikat PK F.Hukatan meyakinkan Sudah memenuhi syarat terlampir untuk Pencatatan, akan tetapi ada saja alasan dari Pihak dinas untuk berdalih dan seolah-olah tidak mau merekomendasi pencatatan Serikat F. Hukatan” sebut usin. 

” Saya selaku Ketua PK F. Hukatan Sangatlah kecewa kepada dinas Disnakertrans kabupaten Batanghari yang tidak bijak untuk menjadi tempat orang tua kami untuk mengadu dalam berserikat, mereka masih bekerja tidak sesuai dengan hati nurani , mereka orang pintar semua, mereka telah di sumpah jabatan lho untuk mengayomi masyarakat, tapi sangatlah disayangkan untuk ingin berbuat baik demi kepentingan masyarakat banyak aja di Persulit dengan alasan yang tidak masuk akal, dan saya jelaskan mereka Para anggota yang tergabung di serikat F-hukatan lebih dari 200 kepala keluarga, ini menyangkut Periuk nasi mereka untuk mencari makan keseharian nya,” Tolong jangan lah dipersulit, kita bukannya mau meminta makan di dinas ini, kita Para buruh bekerja mengeluarkan keringat, Kita kesini sudah banyak mengeluarkan biaya dan cukup jauh ,

”  dan saya sangatlah kwatir untuk kedepannya Polemik yang saat ini terjadi bisa-bisa akan memakan korban nyawa jikalau tak juga kunjung usai, siapa yang akan bertanggung jawab ‘ kesal Husin. 

(Zami)

scroll to top