Hama Tikus Serbu Tanaman Jagung di OTS

IMG_20220218_084345.jpg

Payakumbuh ,- Benuanews.com Petani jagung  yang ada di Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara keluhkan hama tikus  yang menyerang tanaman mereka. Akibatnya, para petani dipastikan merugia karena hasil panen jauh berkurang dari sebelumnya.

Kondisi tersebut telah terjadi sejak beberapa waktu terakhir, jagung mulai dimakan oleh hama tikus sejak mulai berbuah, sehingga buah yang tersisa tidak lagi banyak seperti biasanya, bahkan dalam satu batang hanya tersisa beberapa buah jagung.

Hal tersebut diungkapkan Dt. Bijo Anso, salah seorang petani di OTS, apalagi saat ini harga jual jagung turun akibat banyaknya pasokan dari luar Payakumbuh. Untuk itu petani kedepannya pihak-pihak terkait bisa membantu petani mengatasi persoalan itu, sehingga kedepannya tidak lagi mengalami kerugian.

” Hasil panen jagung periode ini sangat jauh turun dibandingkan dengan periode sebelumnya, jika sebelumnya hasil panen bisa mencapai 1 ton, namun sejak hama tikus menyerang hanya sampai 600 kilogram. Kita berharap kedepannya pihak terkait bisa membantu petani mengatasi persolan hama ini,” sebut Dt. Bijo Anso, Selasa sore (16/2/2022) di kebun jagung miliknya ytak jauh dari Bendungan Talawi.

Dt. Bijo Anso mengakui bahwa, sejumlah upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi serangan hama tikus. Salah satunya dengan menebar ratus tikus disekitar batang jagung, namun hal tersebut tidak banyak membantu.

” Untuk antisipasi serangan hama tikus, telah kita lakukan dengan menebar racun tikus, namun tidak banyak membantu.” tutupnya.

Hal sama juga diungkapkan oleh petani jagung lainnya. Menurut Wahyu Uliadi, kondisi hama tikus yang menyerang semakin memperparah nasib petani yang kini mengeluh dengan harga pupuk yang tinggi.

” Hama tikus yang menyerang tanaman jagung semakin memperparah nasib petani yang mengeluhkan dengan harga pupuk yang melambung tinggi.” pungkasnya. (Julian)

scroll to top