Habibi : Belajar Dan Mempersiapkan Masa Depan

IMG_20210914_203132_compress66.jpg

SAROLANGUN.(Benuanews.com)-Mahasiswa adalah kelompok masyarakat yang sedang menekuni bidang ilmu tertentu dalam lembaga pendidikan formal dan menekuni berbagai bidang tersebut di suatu tempat yang di namakan universitas.

Kelompok ini sering juga disebut sebagai “Golongan intelektual muda” yang penuh bakat dan potensi. Disamping itu mahasiswa juga semestinya mempunyai perilaku yang patut menjadi teladan para adik- adiknya yang masih duduk di bangku sekolah.

Namun posisi yang demikian ini sudah barang tentu bersifat sementara karena kelak di kemudian hari mereka tidak lagi mahasiswa dan mereka justru menjadi pelaku-pelaku intim dalam kehidupan suatu negara atau masyarakat.

Namun yang menjadi pembahasannya sekarang adalah Hakikat kita sebagai mahasiswa yang semestinya mempunyai bakat dan potensi untuk membangun Bangsa dan Negara ini.

Dalam hal makna, arti mahasiswa bukanlah posisi strata pendidikan yang dilakukan setelah lulus SMA, Namun ketika menginginkan makna ini agar jelas ada empat peran yang dimiliki mahasiswa yakni sebagai agen perubahan, kekuatan moral, kontrol sosial, dan cadangan potensial.

Sistem pendidikan yang diterapkan, serta hal-hal lain yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Harapan besar ditujukan pada para pemuda.

Pemuda yang dimaksud adalah para mahasiswa. Dalam posisi ini, mahasiswa adalah aset yang sangat berharga.

Harapan tinggi suatu bangsa terhadap mahasiswa adalah menjadi generasi penerus yang memiliki loyalitas tinggi terhadap kemajuan bangsa.

Sebagai kekuatan moral, masyarakat akan memandang tingkah laku, perkataan, cara berpakaian, cara bersikap, dan sebagainya yang berhubungan dengan moral sebagai acuan dasar mereka dalam berperilaku.

Disinilah mahasiswa harus di tuntut ke intelektualannya dalam kekuatan moralnya di masyarakat.

sebagai seorang pelajar yang menempuh dunia perkuliahan yang kedepannya pasti akan menjadi pertanyaan bakal jadi apa, baik disegi tanggung jawab pribadi maupun ditengah masyarakat.

mahasiswa dikenal mampu segala galanya ditengah masyarat dengan imej ini pasti menjadi kegalawan tersendiri bagi mereka yang menjadi mahasiswa., so guys kamu yang menjadi bagian dari itu harus tegak dan optimis menatap hal itu, tidak sedikit para pengusaha sukses bukan dari kalangan sarjana ekonomi, tidak sedikit para petani sukses berasal dari sarjana pertanian, jadi tugas kita hari ini belajar dan belajar guna meraih ilmu sebagai bekal dalam jiwa, suatu saat kita pasti akan dihadapkan dengan dunia dimana kita mengambil sikap dan dimana kita harus berdiri dengan kenyataan sesungguhnya.

seperti yang dijelaskan dalam surah Ar-Ra’du ayat 11 :Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya.

Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.)

dari makna penjelasan ayat alquran diatas dapat dimengerti bahwa dalam hal apapun seseorang harus mampu menumbuhkan cita-cita untuk mengapai tujuannya, sebagai seorang mahasiswa tentu ia akan lebih mampu berinisiasi untuk masa depannya, ia harus bagaimana dan seperti apa untuk mengapai tujuannya selama ia tidak berpangku tangan dan khayalan saja yang membentang dalam benak, dan Allah SWT tentu mempunyai penilaian atas ikhitar/usaha yang dilakukan oleh hambanya.
Editor : Ardi

scroll to top