Gubernur Edy Rahmayadi Dukung Penuh Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu di Dairi *Dimulai dari Tanam Cabai Merah 100 Ha di Parbuluan

IMG-20221122-WA0019.jpg

DAIRI- Benuanews.com. Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menanam bibit tanaman cabai merah di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, pada Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu Hortikultura, Senin (21/11).

Hadir di antaranya Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu, Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto, kelompok tani serta perwakilan PT Bank Sumut. Turut mendampingi, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lusyantini, Kabiro Perekonomian Naslindo Sirait, Kepala Dinas Kehutanan Herianto dan Kepala Dinas Sosial Basarin Tanjung, serta para pejabat setempat.

Dalam pidatonya, Gubernur Edy Rahmayadi membandingkan kondisi tanah di sebuah provinsi kawasan Indonesia Timur, yang banyak bebatuan, dengan Sumut, khususnya Kabupaten Dairi yang begitu subur. Sehingga idealnya, masyarakat yang tinggal di daerah ini hidup sehat dan berkecukupan.

“Di sini, begitu subur tanahnya. Jadi saya tidak usah banyak omong, tetapi yang penting, apa yang mau kita kerjakan. Karena Bupatinya menargetkan luas lahan 400 ha hingga 2024 nanti,” ujar Gubernur.

Pencanangan kawasan pertanian terpadu ini, dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Dairi, dan Sumut. Namun, menurutnya, perlu ada pendukung agar upaya pembangunan sektor pertanian ini bisa berbuah kesejahteraan.

“Inilah kekayaan kita, makanya saya mau ini jadi. Termasuk nanti infrastruktur, juga sangat penting. Ya harus serius,” kata Gubernur, yang mengaku meninggalkan Kota Medan untuk melihat dan menggelar kegiatan penanaman bibit pohon cabai merah di lahan tersebut.

Dalam komitmen dirinya mendukung pengembangan sektor pertanian pangan tersebut, Gubernur pun menyebutkan perlunya langkah antisipasi, mengingat timbulnya kekhawatiran atas kondisi geopolitik dunia, dimana konflik antarnegara, mempengaruhi pasokan pupuk ke Indonesia.

“Tahun depan pupuk ini (mungkin) jadi persoalan, karena kita masih impor. Sementara di luar negeri juga terganggu (produksi) akibat perang. Jadi kita harus pikiran bagaimana membuat pupuk sendiri,” jelas Edy Rahmayadi.

Untuk itu, Edy Rahmayadi pun meminta pihak terkait untuk menyiapkan langkah mengembangkan ternak kerbau atau lembu. Tujuannya selain meningkatkan pasokan daging dan susu, juga bisa memanfaatkan kotorannya sebagai pupuk organik.

“Saya berharap kalau targetnya 400 hektare sampai 2024, di tahun 2026 nanti bagaimana bisa tambah sampai 1.000 hektare,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengaku bahwa kehadiran Gubernur di Desa Parbuluan V, untuk pencanangan pengembangan pertanian terpadu memberikan semangat untuk menjalankan misi membangun masyarakat.

“Sebagaimana pesan Bapak Gubernur tentang inflasi dan krisis pangan, kami mengambil langkah kongkret untuk mengantisipasi itu. Bagaimana kami dari Dairi, juga ikut menyumbang untuk Sumut Bermartabat,” terangnya.

Adapun pengembangan pertanian tersebut, lanjut Eddy Berutu, akan membutuhkan kerja sama seperti teknologi pertanian modern, kelembagaan petani (melalui kelompok tani), digitalisasi perbankan hingga santunan atas jaminan kesehatan dan kematian.

“Memang di tempat ini hanya diperuntukkan bagi pertanian dan pendukungnya. Kami berterima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, semoga kontribusi kami menjadikan Sumut Bermartabat, menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang di lapangan, usulan pengembangan kawasan pertanian terpadu Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, untuk area komoditi cabai merah seluas 100 Ha (tahap awal), kemudian komoditi kentang seluas (150 ha), komoditi kubis (100 ha) serta bawang merah (50 ha).

Selain itu, kegiatan tersebut juga diisi penyerahan bantuan benih cabai merah, padi, racun tikus dan pestisida oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut untuk para kelompok tani, dilanjutkan penandatanganan MoU kerja sama pengelolaan lahan antara Pemkab Dairi dan Pemprov Sumut, serta di akhiri penanaman bibit pohon cabai merah.**



Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menanam bibit cabai di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, sebagai Kawasan Pertanian Terpadu Hortikultura dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pengendalian Inflasi di Kabupaten Dairi dan Provinsi Sumut, Senin (21/11).

Sumber : Siaran Pers Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) Propinsi Sumatera Utara , 21 November 2022 .

( Darmayani )

scroll to top