Festival Majapahit di Apresiasi DPR RI dan di dukung Gubenur JATIM

WhatsApp-Image-2021-08-25-at-23.23.00.jpeg

Festival Majapahit

Mojokerto. (benuanews.com) Festival Majapahit dengan “memaknai Majapahit kini dan nanti” mendapat apresiasi dari Indah Kurnia komisi XI DPR-RI. Pernyataan itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam Festival Majapahit secara virtual yang digelar pada Rabu, 25/8/2021. Bahkan wakil rakyat ini siap menjadi Marketing officer program wisata bahari Kota Mojokerto.

Menurutnya, Kota Mojokerto sangat cerdas dan mampu menggali potensi sejarah dan wisata yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. “Kota Mojokerto top dan luar biasa saya siap jadi Marketing officernya”ucapnya.

Demikian juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sangat mendukung adanya festival Majapahit yang sudah dimulai dengan membangun beberapa titik ciri khas Majapahitan seperti halnya gapura di Kantor-kantor Pemerintahan, menara Tri Buana Tungga Dewi setinggi 40 di komplek pemandian sekarsari yang dilengkapi dengan ribuan lampu led yang mampu menampilkan berbagai atraksi cahaya di malam hari, dan telah menjadi salah satu Icon kota mojokerto.

Pada kesempatan ini tampak Gubenur JATIM memakai Sari batik SuryaMajapahit yang menarik perhatian banyak pihak.

Festifal majapahit yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersama Pemkot Mojokerto ini juga dihadiri oleh perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa timur Budi Hanoto, Rizki Handayani Deputi bidang produk wisata dan penyelenggaraan kegiatan Badan pariwisata dan ekonomi kreatif. Hadir pula Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria, Sekdakot Gaguk Tri Prasetiyo, Budayawan dan sejarawan yang mengikuti secara virtual.

Ika Puspitasari Walikota Mojokerto saat memberikan sambutan menjelaskan, Kondisi hidrologi Kota Mojokerto sangat dipengaruhi oleh sungai-sungai yang melintasi Kota Mojokerto dan kedalaman air tanahnya. Terdapat 7 (tujuh) sungai yang melintasi Kota Mojokerto yaitu sungai brantas, sungai brangkal, sungai sadar, sungai cemporat, sungai ngrayung, sungai watu dakon, dan sungai ngotok. Sedangkan air tanah di kota mojokerto memiliki kedalaman antara 25 meter.

Di masa kejayaannya lanjut Ning Ita sapaan akrabnya, Kerajaan Majapahit memiliki kekuatan yang luar biasa, baik di darat maupun laut. Sadar akan kekayaan air yang sangat melimpah sekaligus meneruskan warisan kejayaan Majapahit, Pemerintah Kota Mojokerto, sedang giat membangun Destinasi wisata Bahari di kota Mojokerto.

Selain itu Ning Ita juga menyampaikan Tahun 2021-2022 Pemerintah Kota Mojokerto akan membangun Taman Budaya Majapahit yang dilengkapi dengan Museum Majapahit, Food Court Perahu Mojopahit, Camping ground, Outbound, Co-working space, Taman ekspresi dan Playground, Amphitheater, Wisata petik buah jeruk, dan Kompleks tempat peribadatan dengan bangunan tempat ibadah yang terlokalisir dalam satu kompleks dan kesatuan areal wisata yang bercorak bangunan Majapahit, dengan anggaran 38 miliar rupiah.

Pada akhir acara dilanjutkan dengan launching website : www festival Majapahit.com yang ditandai dengan menunjukkan lempeng logo Surya Majapahit secara virtual bersama- sama oleh Gubernur Jawa Timur, Walikota Mojokerto, Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, Deputi bidang produk dan wisata, dan DPR RI. Untuk mengupas lebih tuntas dilanjutkan dengan talkshow bersama Kick Andy selaku moderator. (kan)

scroll to top