Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi Mengadakan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema “ Skrining Lesi Prekanker Leher Rahim”

IMG-20210930-WA0016_compress31.jpg

JAMBI.(Benuanews.com)-Dalam rangka menjalankan salah satu tugas Tri Dharma perguruan tinggi, Fakultas Kedokteran dan Imu Kesehatan (FKIK) UNJA menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai langsung Dr.dr Fairuz, SpPA, M.Kes .

kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 28 sampai 30 September 2021, bertempat di Klinik Unja Smart desa Mendalo indah Kabupaten Muaro Jambi.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarakat dengan mengangkat tema “Pemeriksaan Pap Smear Sebagai Skrining Lesi Prekanker Leher Rahim”

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari  tersebut bekerja sama dengan Puskesmas Simpang Sungai Duren dan Dharma Wanita Persatuan Universitas Jambi.

Dalam bentuk 2 kegiatan utama yaitu  pertama seminar nasional  berjudul “Skrining Kanker Leher Rahim Untuk Mencegah Kejadian Kanker Leher Rahim”

Dengan nara sumber Dr. Rudy Gunawan, SpOG(K)-Onk, DMAS,FICRS, beliau adalah Ketua POGI cabang Jambi dan Konsultan Ginekologi Onkologi RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi/ FKIK UNJA.

Kegiatan seminar nasional dibuka langsung  oleh Wakil Rektor IV UNJA Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhari, Msi, dan juga dihadiri oleh Dekan FKIK Dr.dr. Humaryanto SpOT, M.Kes,  ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Jambi Ibu Daumi Rahmatika Sutrisno dan  Kepala puskesmas simpang sungai duren ibu Susi Dyah Utami Dewi, SKM.

Seminar ini dilaksanakan secara daring dan luring (hanya 30 peserta)  pada tanggal 28 september 2021 dari pukul 08.30 sampai dengan 11.00 WIB, pelaksanaan seminar juga  mendapatkan banyak antusias,bahkan pendaftar seminar yang teregistrasi sampai berasal dari Timor Leste.

Pap smear sendiri merupakan skrining dini untuk mendeteksi lesi pre kanker dan kanker leher rahim, dimana kanker leher rahim masih merupakan salah satu penyakit terbanyak penyebab kematian wanita di Indonesia selain kanker payudara, dan seringkali ditemukan sudah dalam stadium lanjut.

Kegiatan kedua adalah pemeriksaan gratis  pap smear untuk masyarakat  yang berjalan dari tanggal 28 sampai 30 September 2021 di Klinik dan Apotek UNJA SMART di kampus UNJA Mendalo Darat. Kegiatan ini juga melibatkan Puskesmas Simpang Sungai Duren dalam sosialisasi dan pelaksanaannya.

Dalam menjalankan kegiatan ini, tetap melaksanakan protokol kesehatan pandemi Covid-19, sehingga dalam 1 hari dibatasi hanya sampai 30 peserta dan dibagi dalam beberapa sesi jam kedatangan.

Kegiatan  seminar maupun pemeriksaan pap smear sudah mendapat izin dari Satgas Covid UNJA dengan  melaksanakan protokol kesehatan Pandemi covid-19 yang ketat.(red)

scroll to top