Elektabilitas Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) Menguat Setelah Mendapatkan Dukungan 2 Partai Politik

IMG-20240703-WA0359.jpg

Limapuluh Kota ,- Benuanews.Com Baru-baru ini tersiar kabar bahwa Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) telah mendapatkan rekomendasi 2 partai politik, yaitu Nasdem dengan 5 kursi dan PKB 3 kursi.

Dukungan 2 parpol tersebut memastikan RKN ikut berkompetisi dalam PILKADA November nanti. Selain itu juga beredar informasi di group-group wa bahwa RKN kembali kantongi 1 rekomendasi parpol lagi, namun tidak dijelaskan detail partai apakah yang dimaksud. Jika benar berarti RKN sudah memegang rekomendasi 3 partai politik.

Beberapa minggu sebelumnya masyarakat masih ragu apakah RKN akan mendapatkan rekomendasi parpol, terutama dari partai Nasdem. Hal demikian wajar karena di partai Nasdem juga ada kader potensial lainnya, Irfendi Arbi, mantan bupati Limapuluh Kota periode sebelumnya.

Dengan keluarnya rekomendasi parpol untuk RKN, maka RKN memastikan bahwa dirinya adalah kandidat bupati pertama yang telah mendapatkan dukungan partai politik dengan jumlah kursi DPRD yang cukup, yaitu minimal 7 kursi.

Alhamdulillah rekomendasi parpol sudah kita terima, sudah cukup syarat untuk mendaftar ke KPU, dan insya Allah dengan beberapa partai lain kita masih menjalin komunikasi untuk menjajaki peluang koalisi”. Demikian komentar RKN ketika ditanya oleh wartawan.

Pasca merebaknya kabar bahwa RKN telah mendapatkan rekomendasi partai, banyak kalangan bertambah yakin bahwa RKN berpeluang besar memenangkan pilkada, hal demikian disampaikan oleh Margespi, salah seorang politisi kawakan Limapuluh Kota.

Beliau mengatakan bahwa saat ini elektabilitas RKN menguat karena selain mendapatkan rekomendasi parpol, RKN mengundang decak kagum karena mampu memenangkan persaingan di internal Nasdem, terutama persaingan dengan mantan bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi. Selain itu fakta bahwa RKN adalah kandidat pertama yang mendapatkan dukungan parpol menjadi nilai positif tersendiri bagi masyarakat. “Ini menunjukkan kualitas beliau”, kata salah seorang warga dalam komentarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pada bulan Mai 2024 SBLF MY RISET merilis survai yang menempatkan selisih Safaruddin dan RKN terpaut hanya sekitar 3 %, Safaruddin 23 % dan RKN 20 %. Kandidat lainnya berada pada angka dibawah 15 %.

“Maka dengan keluarnya rekomendasi parpol ini kami yakin saat ini elektabilitas RKN setidaknya sudah menyamai Safaruddin” ungkap M. Yusuf, Korda Nasdem Payakumbuh – Limapuluh Kota.

M. Yusuf juga mengatakan bahwa RKN berpeluang besar untuk memenangkan pilkada karena sejauh ini RKN belum menggerakkan sumber daya partai politik pendukung. Berbanding terbalik dengan kandidat potensial lain seperti Safaruddin dan Deni Asra dimana mereka sudah tampak menggerakkan anggota DPRD terpilihnya untuk sosialisasi.

Karena itu M. Yusuf mengatakan, “saat kami menggerakkan sumber daya Nasdem dan PKB untuk pemenangan, maka kami yakin akan ada lompatan elektabilitas RKN. Modal dasarnya cukup kuat, dengan tambahan kekuatan partai maka energinya akan semakin berlipat. Kami yakin RKN akan memenangkan pilkada”.(Julian)

scroll to top