Dorong Kemajuan Perekonomian Papua, Satgas Yonif Raider 321/GT Perbaiki Jalan Trans Distrik Mbua

IMG-20220807-WA0001.jpg

Sarana jalan merupakan infrastruktur yang sangat penting dan vital di suatu daerah manapun, baik tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Desa/Kampung.

Hal tersebut juga karena sarana jalan yang menghubungkan dari suatu daerah dengan daerah lain dan sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat dan faktor pendorong kemajuan ekonomi daerah.

Inilah yang memotivasi Satgas Yonif Raider 321/GT untuk mengajak sekaligus bersama masyarakat pegunungan tengah Distrik Mbua, Kabupaten Nduga Papua, menggelar gotong royong memperbaiki Jalan Trans Wamena-Nduga yang rusak akibat diterjang banjir pada Minggu (07/08/2022).

Bencana banjir bandang dan tanah longsor itu, berdampak terhadap kerusakan kebun warga, bendungan penampungan air, dan jalan.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321/GT Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam keterangannya.

“Banjir bandang dan tanah longsor terjadi karena intensitas hujan 5 hari belakangan ini sangat tinggi. Akibatnya, perkebunan, bendungan air warga dan jalan tertimbun material longsor berupa bebatuan besar dan lumpur,” jelas Dansatgas Yonif Raider 321/GT Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P.

Lebih lanjut dikatakannya, dampak dari bencana itu juga mengakibatkan Jalan Trans Wamena-Nduga terputus dan amblas sepanjang lebih kurang 15 meter.

“Rusaknya jalan tersebut akibat terjangan material longsor berupa bebatuan dan meluapnya air sungai dari gunung,” kata Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P.

Akibat bencana itu angkutan Mobil yang melayani mobilitas masyarakat Nduga khususnya Distrik Mbua dan Distrik Dal menuju Wamena dan sebaliknya terhenti sementara waktu.

Kemudian, pasca kejadian tersebut, Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P. selaku Dansatgas Yonif Raider 321/GT langsung aktif berkoordinasi dengan para tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat.

Bahkan, mengerahkan personel Pos Mbua terjun ke lokasi bendungan air untuk melakukan pembersihan material longsor.

Tidak hanya itu, Prajurit Yonif Raider 321/GT berperan aktif mempercepat normalisasi mobilitas angkutan Mobil yang melayani mobilitas logistik dan masyarakat dengan cara menangani longsor melalui kerja bakti dan gotong-royong bersama masyarakat untuk memperbaiki Jalan Trans Wamena-Nduga yang amblas.

“Kerja bakti ini merupakan wujud nyata bentuk kepedulian Satgas Yonif Raider 321/GT terhadap lingkungan, termasuk sosial dan kelangsungan aktivitas masyarakat, serta cepat tanggap bencana guna mengatasi kesulitan masyarakat,” tutup Dansatgas Yonif Raider 321/GT

Authentifikasi Papen Satgas Yonif Raider 321/GT Letda Chk Arya Yudhistira,S.H.

scroll to top