Donor Darah Kerjasama HBT dan PMI Berlangsung Lancar

IMG-20211027-WA0007.jpg

Padang, Benuanews.com,Pelaksanaan hari pertama donor darah kerjasama Himpunan Bersatu Teguh (HBT) dengan Palang Merah Indonesia berlangsung lancar. Lebih kurang 250 orang mendaftar untuk ikut mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini akan berlangsung selama 5 hari 27-31 Oktober 2021 yang di pusatkan di Gedung HBT jalan Kelenteng no 311 Padang.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Martin Makmur, kegiatan donor darah terselenggara atas kerjasama Himpunan Bersatu Teguh dengan Palang Merah Indonesia. Target kita pada kegiatan donor darah kali ini akan terkumpul sebanyak 1000 kantong darah” ujar Martin Makmur Ketua Panitia Pelaksana.

“Kami warga Tionghoa Kota Padang merasa terpanggil untuk melakukan aksi donor darah ini, mengingat persediaan darah di PMI Padang yang semakin menipis”,lanjut Martin yang didampingi oleh Anto Naga dan Hanura Rusli.

Untuk menarik minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya, panitia pelaksana menyediakan paket sembako berupa beras, Indomie, minyak goreng, serta minuman berupa teh kotak. Selain itu juga disediakan door prize buat pendonor yang beruntung berupa TV 42 inc, rice cooker, blender, kompos gas, setrika dan lain-lain.

Semua hadiah dan paket sembako ini merupakan bantuan dari PT PDT yang selama ini selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh HBT.

Darmiati (45) warga Kampung Batu salah seorang pendonor mengatakan kalau dirinya sudah 21x mendonorkan darahnya. Dirinya merasa bersyukur sebab mendapatkan satu paket sembako sesudah melaksanakan donor. “Terimakasih kepada panitia yang sudah memberikan satu paket sembako ini” ujar Darmiati.

Dirinya merasa terbantu dengan adanya bantuan paket sembako ini. “Selama ini saya mendonor hanya di kasih makan Indomie dan susu” ujarnya. Akan tetapi di sini saya mendapat beras, gula, minyak goreng dan lainnya.

Selama ini warga Tionghoa Kota Padang selalu mengambil peran dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan. Berbagai aksi sosial sudah dilakukan oleh HBT organisasi sosial yang menaungi warga Tionghoa Indonesia.

Disaat pemerintah sedang gencar-gencarnya mencapai target vaksinasi, HBT juga ikut aktif melaksanakan vaksinasi gratis. Bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Polda Sumbar, KOREM 032 Wirabraja, Pemko Padang dan lain sebagainya.

Sementara itu Anto Naga salah seorang panitia mengatakan kalau saat ini Palang Merah Indonesia Kota Padang sudah sangat kekurangan stok darah.”Kita menghimbau kepada masyarakat Kota Padang untuk dapat kiranya mendonorkan darahnya,agar stok darah di PMI selalu tersedia.”ujar Anto. Apa lagi di masa pandemi sekarang ini, sangat sedikit orang yang bisa mendonorkan darah di karena kan virus yang berbahaya ini.

Anto membeberkan beberapa persyaratan untuk bisa ikut menjadi pendonor, diantaranya berat badan min 48 kg, usia 17 sampai 60 tahun untuk pendonor pemula, dan sampai 65 tahun untuk yang sudah biasa donor.

Panitia melaksanakan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan donor darah berlangsung. “Kita tidak ingin acara donor darah ini menjadi cluster baru penyebaran Covid-19” akhir Anto Naga. MM

scroll to top