Ditinggal Pergi Saat Shalat Subuh, Satu Rumah Gadang Terbakar di Kabupaten Limapuluh Kota

IMG-20240618-WA0152.jpg

Limapuluh Kota,-Benuanews.Com kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota, satu buah rumah Gadang (Rumah Adat Minangkabau) di Jorong Baliak Nagari Simpang Sugiran Kecamatan Guguak terbakar pada Selasa pagi 18 Juni 2024. Rumah milik pensiunan ASN/PNS Guru Sekolah Dasar itu diketahui terbakar pada pukul 06.45.

Asal api dari peristiwa kebakaran rumah milik Nurhamidar itu diduga berasal dari api tungku memasak pemilik rumah. Hal tersebut diungkapkan Iswaris Chan, Tokoh Masyarakat di Nagari tersebut.

” Iya, peristiwa kebakaran rumah gadang tersebut diketahui sekitar pukul 06.45 Wib, api diduga berasal dari tungku memasak pemilik rumah. Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu,” ucapnya Selasa sore 18 Juni 2024 kepada wartawan.

Iswaris Chan yang merupakan mantan Walinagari Simpang Sugiran itu juga menambahkan, rumah gadang yang terbakar itu baru selesai dibangun.

” Rumah Gadang tersebut baru dibangun dengan dana yang cukup besar,” ucapnya.

Sementara Kapolres 50 Kota, AKBP. Ricardo Condrat Yusuf melalui Kapolsek Guguak, membenarkan adanya peristiwa kebakaran rumah Gadang yang terjadi di wilayah hukumnya. Dari keterangan yang berhasil dihimpun memang sumber api berasal dari tungku kayu rumah korban.

” Benar ada peristiwa kebakaran rumah gadang yang terjadi tadi, dari keterangan yang berhasil dihimpun dari korban memang sumber api berasal dari tungku kayu rumahnya,” ucap IPTU. Desmetri.

Lebih jauh IPTU. Desmetri menjelaskan bahwa saat kejadian Nurhamidar yang merupakan pemilik rumah tengah melaksanakan Ibadah Sholat Subuh di Mesjid yang baru mengetahui peristiwa itu setelah pulang dari Mesjid.

” Korban mengetahui peristiwa kebakaran itu setelah pulang dari Masjid melaksanakan ibadah Sholat Subuh, ia melihat api membesar di belang rumah. Korban juga mengakui meninggalkan rumah dengan api tungku masih menyala” tambahnya.

Mengetahui rumahnya terbakar, korban menghubungi pemadam Kebakaran hingga api berhasil dipadamkan. Pasca kejadian, Polisi memasang garis polisi/Police Line dirumah itu.

(Julian)

scroll to top