Diskominfo Siak Terapkan E-Katalog Pada Jasa Publikasi, Wartawan di Siak Minta Tinjau Ulang.

IMG-20231128-WA0263.jpg

SIAK, Benua news.com – Bupati siak Undang Puluhan Wartawan dan owner perusahan media Kabupaten di acara coffe Morning konferensi pers Acara Tour De Siak dan Serindit Boat Race Bertempat dibalairung Datuk empat suku komplek abdi praja Selasa (28/11/2023) Siang.

Selain konferensi Pers terkait pelaksanaan Tour De Siak tahun 2023, Kadis Kominfo Romi Lesmana langsung memaparkan, terkait aturan kerjasama publikasi media untuk anggaran tahun 2024 mendatang harus Menggunakan E-Katalog.

“Hal ini sesuai dengan Peraturan presiden tentang Penyelenggaraan pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”, kata Romi.

“Dengan adanya e-katalog, tentunya akan memudahkan Insan Pers dalam mengakses kerjasama publikasi dengan Pemerintah setempat”, tambahnya.

Sementara itu, Zulfahmi Wartawan Senior Siak ini, menyampaikan supaya Dinas Kominfo Kabupaten Siak Agar dapat meninjau kembali rencana kerjasama publikasi dengan media Menggunakan E katalog.

“Hal ini bukan tidak beralasan, e-katalog akan mempersulit media-media kecil seperti kami ini”, ujar Zulfahmi yang juga menjabat Ketua AWIKS.

“Kami ini hanya mencari Makan Bukan Mencari Kaya Tolonglah Kebijakan itu Ditinjau Ulang”, tambahnya Lagi.

Masih kata Zulfahmi, Kita bandingkan dengan Kabupaten lain mereka tidak juga menggunakan e-katalog, kita ini inginnya stabil sajalah.

“Karena tidak segampang itu, tanpa diadakan sosialisasi sebelumnya. Ini, Baru pertama sosialisasi besok sudah harus diterapkan apakah bisa terealisasi dengan baik”, paparnya.

Dalam kesempatan itu, Syahnurdin selaku ketua LSM forkopindo Kabupaten Siak, ia juga menyayangkan apa yang paparkan Kadis Kominfosiak bahwa akan diterapkan e-katalog untuk kerjasama dengan media pada tahun 2024.

“Apa yang disampaikan Kadis Kominfo Siak terkait kerjasama melalui e katalog, sangat disayangkan kebijakan tersebut dapat merugikan wartawan lokal. Karena sudah ada E-media yang di atur melalui perbub.” Pungkasnya.

Ali Masruri S.Pdi, yang merupakan wartawan senior dan pernah menjabat sebagai ketua PWI kabupaten Siak ini, mengatakan, terkait hal e-katalog harusnya dilakukan sosialisasi terlebih dahulu jangan langsung diterapkan.

“Kita melihat banyak anak-anak lokal di Kabupaten Siak yang menjadi pemilik media dan perusahan yang juga ingin maju dan sangat perlu arahan. Intinya Pemerintah harus meninjau kembali terkait kebijakan yang akan diterapkan tersebut”, pintanya

(Ardius halawa/Team)

scroll to top