Diduga Alami Konsleting Listrik Satu Unit Rumah Permanen Habis Terbakar,Polsek Tanah Jawa Lakukan Olah TKP

IMG-20240224-WA0097.jpg

SIMALUNGUN,BenuaNews.com
Sabtu,tanggal 24 Februari 2024 pukul 10.58 Wib.Polsek Tanah Jawa menerima informasi dari warga bahwa telah terjadi kebakaran satu unit rumah milik Marlin Tampubolon (63) warga kampung Jawa Tanjung Pasir,nagori(desa-red) Tanjung Pasir kecamatan Tanah Jawa kabupaten Simalungun.

Selanjutnya pada pukul 11.00 Wib,kapolsek Tanah Jawa KOMPOL Manson Nainggolan SH.M.Si bersama dengan Anggota polsek Tanah Jawa yaitu; Aiptu M.Sinaga (SPKT),Aiptu M.Efendi (SPKT) dan Aipda R.Sinurat(reskrim) berangkat menuju lokasi kebakaran.Sesampainya di lokasi sudah terlihat dua unit mobil pemadam kebakaran yang dibantu oleh warga sedang berusaha memadamkan kobaran api.

” Api begitu besar,disertai panasnya cuaca dan angin yang lumayan kencang menjadi pemicu kobaran api.Saya dan anggota,Tim Damkar dan warga berupaya memadamkan api yang terus membesar dan melalap bangun rumah,” ujar kapolsek.

Saksi Nelly Lumban Tobing(41), yang merupakan warga kampung Jawa dan Winner Lumban Tobing (24),yang beralamat di Jln Tengku Umar kelurahan Pematang Tanah Jawa menerangkan bahwa pemicu kebakaran diperkirakan berasal dari hubungan arus pendek(korslet) arus listrik.

Diperkirakan dua jam api baru dapat di padamkam.Namun demikian hampir seluruh bangunan habis terbakar,begitu juga benda yang berada di dalamnya antara lain, 2 unit sepeda motor honda Supra X 125,2 unit kulkas,barang-barang elektronik dan juga surat-surat berharga semuanya habis.

“Penyebab kejadian diduga akibat Konsleting arus listrik.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,namun kondisi rumah hampir habis semua termasuk barang-barang berharga.seperti Kendaraan bermotor(2 unit),kulkas(2 unit),barang elektronik dan surat-surat berharga.Kerugian kesemuanya diperkirakan mencapai Rp 500.000.000 (Lima ratus juta rupiah),” terang kapolsek KOMPOL M.Nainggolan.

Kapolsek juga menerangkan telah di lakukan tindakan berupaya ;
-Melakukan Olah TKP
– Mengamankan barang bukti yakni 1 unit meteran listrik bekas terbakar
– Interogasi terhadap saksi – saksi
– Buat gambar sket TKP
– Pasang Garis polis ( polis line),dan
– Lapor pimpinan.

Oleh Kejadian di lokasi berjalan sesuai dengan prosedur dan berjalan aman dan lancar.

Reporter; Dedi Sinaga

scroll to top