DESA SIDOMAKMUR DINOBATKAN MENJADI DESA BRILIAN DARI BANK BRI

IMG-20220915-WA0021.jpg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Bertempat di Aula Kantor Camat Sipora Utara, Desa Sidomakmur dinobatkan menjadi Desa Brilian tahun 2022 oleh Bank BRI.(14/09/2022).

Melalui Program Desa Brilian, BRI turut berupaya hadir dalam Penguatan Ekonomi Desa demi membangun SDM. Salah satunya, dibarengi dengan pembuatan platform Pasar.id dan juga Platform Pemberdayaan Online melalui Platform LinkUKM.

Dalam kata sambutannya, Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan mengucapkan terimakasih dan selamat atas capaian yang diraih oleh Desa Sidomakmur.

“Terimakasih kepada Bank BRI yang telah menobatkan Desa Sidomakmur sebagai Desa Brilian. Dengan dinobatkannya Desa Sidomakmur sebagai Desa Brilian, kiranya dapat memotivasi desa yang lain di Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan semoga bermanfaat untuk masyarakat,” ucap Martinus Dahlan.

Dalam sambutannya Asisten Manager Bisnis BRI Kantor Cabang Khatib Sulaiman Hendri Febrizal menjelaskan,”Program Desa Brilian yang telah diadakan sejak tahun 2022 bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa, melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi. Tujuannya, demi mengoptimalkan potensi desa berbasis SDG’s,” ucap Hendri Febrizal.

“Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan,” kata Hendri Febrizal.

“Kriteria seleksi Desa Brilian 2022 adalah belum pernah ikut Program Inkubasi Desa Brilian batch sebelumnya, desa-desa yang memiliki pertumbuhan ekonomi merata dengan peran aktif Bumdes, serta memiliki terobosan atau inovasi di masa pandemi, menjalankan transformasi digital dan menerapkan pembangunan berkelanjutan,” ungkap Hendri Febrizal.

Ia berharap desa-desa yang tergabung dalam program Desa Brilian nantinya bisa menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.(W).

scroll to top