Dalam Rapat Koordinasi Wabup Dompu Memberikan Arahan Tentang Pembangunan RIP Pelabuhan Kilo

1654677196929049-2.jpg

Dompu, NTB benuanews.com Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT pimpin Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Penyusunan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) & Dokumen Lainnya Terkait Rencana Pembangunan Pelabuhan Kilo Kabupaten Dompu.

Tutur hadir dalam rapat koordinasi yaitu Setda Dompu, Asisten II Setda, Kabag Tatapem Setda, Kabag Hukum Setda, Kabag Ekonomi Setda, Kabag Kerjasama Setda, Kabag Hukum Setda, OPD Teknis Terkait, Kepala Pelabuhan Kelas III Calabai, Camat Kilo, Kepala Desa Mbuju, Kepala Desa Kramat dan Pimpinan PT. Galuh Rekasindo Konsultan, Selasa 7 Juni 2022 bertempat di Ruang Rapat Bupati Dompu. (8/6/2022)

Berdasarkan surat Plh. Direktur Kepelabuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Tanggal 21 Maret 2022 Perihal Pengantar Survey, diperoleh informasi bahwa progress menuju pembangunan Pelabuhan Kilo, mengalami kemajuan yang sangat berarti. Hal ini dibuktikan dengan telah ditandatanganinya kontrak pekerjaan Penyusunan Dokumen Rencana Induk Pelabuhan (RIP), Batas-batas Daerah Lingkungan (DLKr) dan Daerah Lingkungan Kepentingan (DLKp) Pelabuhan Kilo antara Kementerian Perhubungan RI dengan PT. Galuh Rekasindo (Konsultan Pelaksana).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Dompu sangat mengharapkan bantuan dan dukungan terutama OPD terkait, dalam penyediaan data dan informasi yang relevan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan.

Penyusunan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) adalah sebagai upaya untuk menyediakan pedoman perencanaan pembangunan dan pengembangan pelabuhan sehingga pelaksanaan kegiatan pembanguan dapat dilakukan secara terstruktur, menyeluruh dan tuntas mulai dari perencanaan, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan, pembiayaan serta partisipasi masyarakat dalam proses pemeliharaan pelabuhan yang sudah terbentuk.

Dari Penyusunan Daerah Lingkungan Kerja Pelabuhan (DLKr) dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan (DLKp) adalah guna memberikan arahan dalam penyelenggaraan pelabuhan dan pemanfaatan ruang di pelabuhan baik di sisi darat maupun di sisi perairan, tuturnya Wabup Dompu. (Imran)

scroll to top