Ciptakan Inovasi Canggih, Perumda Tirta Mulia Pemalang Kini Miliki Monitoring Center

IMG_20240105_110233.jpg

 

Pemalang – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, meresmikan ruang Water Monitoring Center. Bertujuan untuk integritas data pelayanan dan untuk memonitor aliran air.

 

Peresmian ruang monitoring tersebut, diresmikan usai acara pelantikan struktur Perusahaan yang berlangsung di halaman kantor Perumda Tirta Mulia Pemalang. Jumat (05/01/2024).

 

Dalam pantauan benuanews.com , hadir dalam acara tersebut, diantaranya seperti Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST, Sekda Pemalang Heriyanto, beserta rombongan, Direktur Utama Perumda Tirta Mulia Pemalang H. Slamet Efendi, SE dan tamu undangan lainnya.

 

Water Monitoring Center sendiri bertujuan untuk memonitoring integritaskan data pelayanan dan memantau aliran air dari sumber mata air hingga ke pelanggan.

 

Water Monitoring Center nantinya terpantau melalui aplikasi berbasis Internet Of Things (IOT) yang dikembangkan secara mandiri oleh tim IT Perumda Tirta Mulia Pemalang.

 

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, Slamet Efendi, S.E, M.M., menuturkan ” Insyaallah kita akan terus selalu mengembangkan inovasi – inovasi, karena sekarang jamannya digital kami harus terus update di dunia IT.”

 

Water Monitoring Center sendiri menjadi sarana kita (perusahaan), untuk memantau aliran air dan kebutuhan air serta pelayanan ke pelanggan.” Ucap Slamet Efendi.

 

Data yang ditunjukkan dalam water monitoring center tersebut, dapat menjadi pertimbangan perusahaan dan manajemen. Untuk proses koordinasi, seperti pengambilan keputusan, serta mengontrol seluruh kegiatan bisnis di Perumda Tirta Mulia Pemalang.

 

“Misalnya, ketika level air di reservoar drop (turun) menunjukkan bahwa disitu pasti ada gangguan dan pelayanan ke pelanggan juga gangguan.

Water Monitoring Center

Peresmian Ruang Monitoring Center, Sekda Pemalang (kiri), Bupati Pemalang (tengah), Dirut Tirta Mulia (kanan)

Disitulah bagian teknik bisa memutuskan kebijakan apa yang perlu diambil.” tutur Slamet Efendi.

 

Disamping level air, tekanan air juga bisa terpantau secara jelas melalui water monitoring center ini. Walhasil, gangguan pelayanan atau kebocoran pipa bisa diketahui secara dini oleh Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.

 

Lebih jauh, data yang tersaji dalam water monitoring center sendiri dihasilkan oleh aplikasi berkonsep Internet of Things (IoT) yang dikembangkan secara mandiri oleh Tim IT Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang. Imbuhnya

 

Sementara itu, Manajer IT Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, Budi Harsudiono, mengatakan, ” IOT ini merupakan teknologi terbaru dimana konsepnya menggabungkan antara sensor elektronik yang dibutuhkan untuk memantau air dengan koneksi internet. ”

 

Perlu diketahui, sensor tersebut meliputi sensor tekanan air, level air, dan debit air. Jadi data dari sensor akan otomatis terkirim secara real time melalui jaringan internet ke server kami. ” Ungkap Budi

 

Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang pun menjadi yang pertama di Provinsi Jawa Tengah, yang menggunakan sistem pintar berbasis IOT untuk dalam memantau aliran air untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan. (Surya)

scroll to top