Cara Pasang Alexa di Toolbar Chrome

WhatsApp-Image-2021-11-24-at-20.09.01.jpeg
Cara Install Alexa di Browser Google Chrome Untuk install dan memasang Alexa Toolbar pada Browser Google Chrome  ataupun pada browser yang lain caranya cukup mudah, yaitu Anda tinggal menuju halaman Alexa dengan menggunakan Browser yang ingin di pasang Alexa Toolbar.

Sebelum memasang alexa pada browser, mungkin ada yang berfikir apa sebenarnya yang dimaksud Alexa, serta apa manfaat dan fungsi Alexa untuk kita, untuk itu melalui artikel yang singkat ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Apa Itu Alexa.

Pengertian Alexa.
Alexa adalah situs yang bermarkas di california USA dan merupakan anak perusahaan dari Amazon.com, yang mana Alexa memiliki peranan penting bagi pengelola blog atau situs web untuk mengetahui peringkat sebuah website, karena bagaimanapun juga Alexa pernah menjadi salah satu perangkat web yang digunakan oleh para webmaster untuk mengetahui seberapa tinggi peringat situs web yang mereka kelola.

Fungsi Alexa Toolbar.

Fungsi Alexa toolbar adalah untuk mengetahui seberapa tinggin dan rendahnya sebuah blog dalam menarik pengunjung situs, dimana situs alexa akan memberikan peringkat kepada website atau blog sesuai dengan tingkat traffic yang selanjutnya disebut sebagai Alexa Rank.

Dalam memberikan peringkat, Alexa memiliki perhitungan bahwa semakin kecil nilai angka yang diberikan, maka semakin bagus blog atau situs di hadapan search enggine yang berarti situs tersebut memiliki banyak pengunjung, dan sebaliknya semakin besar nilai angka yang diberikan berarti menunjukkan semakin sepi situs atau website tersebut.

Manfaat Alexa Toolbar.
Dengan adanya Alexa Toolbar yang terpasang di browser Google Chrome, ataupun browser yang lain, maka kita akan dengan mudah mengetahui peringkat situs milik kita ataupun situs orang lain yang kita kunjungi.

Dan dengan memiliki Alexa Rank yang kecil maka kemungkinan bagi pemiliki situs akan lebih mudah untuk mendaftarkan blog atau situs mereka ke sebuah layanan iklan, karena bagaimanapun juga umumnya para advertiser akan memilih blog atau website yang memiliki alexa Rank yang kecil untuk dijadikan sebagai calon publishernya.

Namun seiring bertambahnya umur penulis dalam menekuni dunia web, untuk saat ini angka yang ditunjukkan oleh Alexa Rank sudah tidak terlalu banyak mempengaruhi sebuah blog atau website di hadapan search engine ataupun menjadi tolak ukur agar diterima oleh publisher layanan iklan terkenal seperti Google Adsense.

Atau dengan kata lain Alexa Rank yang kecil bukan jaminan diterima oleh Google Adsense, karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai Alexa Rank, dan menurut saya pribadi, cara yang paling akurat untuk mengetahui traffic blog / situs web adalah Menggunakan Google Analytics.

Cara Memasang Extension Alexa Toolbar Pada Google Chrome

Fungsi dari menginstal toolbar Alexa Rank yaitu untuk memasukan data sebuah website ke database Alexa agar mudah di analisa dan lebih cepat menaikkan ranking Alexa.

Berikut cara menginstal extension Alexa Toolbar:

Silahkan masuk ke Extension google chrome atau buka Alexa Traffic Rank. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Silahkan klik tambahkan ke Chrome dan Add Extentions. Maka Toolbar Alexa Rank sudah terinstal di browser anda sehingga Alexa mudah untuk menganalisa website anda.

Sebenarnya ada cara lagi yaitu dengan mengintal widget Alexa di website, tetapi menurut saya tidak begitu memberikan efek terhadap peringkat website anda. Justru salah satu yang sangat berpengaruh dalam peningkatan ranking alexa website yaitu update artikel rutin dan konsisten.

Update konten yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri akan disukai oleh search engine sehingga ditampilkan di halaman teratas dan mengundang banyak visitor untuk mengunjunginya. Maka dari itu ketika website memiliki ranking yang tinggi di search engine, di Alexa juga akan ikut naik.

(Visited 34 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top