Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga Meninjau pelaksanaan Haroan Bolon Perbaikan Jalan Provinsi Siantar-Saribudolok.

IMG-20211214-WA0036.jpg

Simalungu, Berita Benua Sumut-Perbaikan Jalan Provinsi Siantar-Saribudolok Nagori Raya Usang Kecamatan Dolok Masagal, Selasa 14 November 2021.

Pada kesempatan itu, RHS mengucapkan terima kasih kepada elemen masyarakat di Kabupaten Simalungun, yang telah mau bersatu dan bahu membahu terkhusus menjelang Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2022, memperbaiki jalan penghubung Siantar – Saribudolok, sehingga enak untuk di lalui.

“Ternyata di ruas jalan ini, mulai dari Tiga Runggu sampai Siantar ternyata sudah ada panitianya untuk haroan bolon yang sangat luar biasa. Seperti yang kita lihat, perbaikan di jalan ini sudah cukup bagus, meskipun jalan ini wewenang provinsi, namun kita berupaya agar bagaimana masyarakat nyaman melintasi jalan ini,” kata RHS.

Untuk memperbaiki jalan, RHS mengatakan, membutuhkan anggaran yang cukup besar, dan pemerintah memiliki keterbatasan menangani kondisi jalan yang cukup memprihatinkan saat ini.

“Puji syukur kepada Tuhan, masyarakat mau bersatu, bahu membahu untuk bergotong royong, ber-marharoan bolon, mendonasikan dananya untuk bersama-sama bergotong royong mengatasi kerusakan jalan ini penghubung Siantar-Saribudolok, sehingga saat Nataru masyarakat dapat nyaman melintasi di jalan ini,” ucap RHS.

RHS menambahkan, untuk perbaikan jalan penghubung Siantar-Saribudolok dan Siantar-Perdagangan oleh provinsi sudah dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan kegiatan peningkatan jalan.

“Mari masyarakat Simalungun, bersatu kita. Hanya dengan persatuanlah, kita bisa menyatukan sikap, untuk merencanakan apapun demi kebaikan masyarakat dan daerah Kabupaten Simalungun,” sebut RHS.

“Perbedaan pendapat pasti ada, namun untuk kemajuan Simalungun kita harus bersatu. Mari kepada masyarakat perantau, kita berikan bantuan kepada panitia haroan bolon di Simalungun agar jalan jalan di daerah bisa bagus, apalagi akhir – akhir ini cuaca ekstrim, hujan dapat tiba-tiba datang, banyak jalan longsor, demikian juga irigasi banyak yang sudah. Mari kita bersatu untuk membangun daerah kita yang sama-sama kita Cintai ini,” ajak RHS.

Sebelumnya juga, Bupati meninjau badan jalan yang nyaris putus akibat abrasi diperkirakan sepanjang 60 – 70 meter. Jalan tersebut juga masih berada di wilayah Nagori Raya Usang.

Untuk mengatasi agar jalan tidak putus total, Bupati memerintahkan Camat Dolok Masagal dan pangulu Raya Usang untuk bersama dengan masyarakat membuat parit jalan dalam mengalihkan air agar tidak meluap ke badan jalan.

“Ini harus segera kita kerjakan pembuatan parit untuk mengalihkan air agar tidak meluap ke badan jalan. Jika air sampai ke badan jalan kita khawatir jalan akan putus,” ujarnya.

Di lokasi tersebut Bupati melakukan komunikasi dengan pihak Provinsi Sumatera Utara agar jalan tersebut segera diperbaiki apalagi menjalang Nataru. Dari hasil komunikasi Bupati dengan pihak Provinsi bahwa badan jalan yang mengalami abrasi tersebut akan dikerjakan pada tahun 2022 mendatang.
(DediSinaga)

scroll to top