Bupati Safaruddin Kunjungi Kebun Sayur Yang Digeluti Waka Polres Payakumbuh Kompol Russrirwan Yang Punya Hobi Bertani Itu

IMG-20240306-WA0000.jpg

Limapuluh Kota,-Benuanews.com Kompol Russirwan,SH yang kesehariannya bertugas sebagai Wakapolres Payakumbuh Polda Sumbar, memberikan inspirasi tersendiri bagi masyarakat di kecamatan Akabiliru kabupaten limapuluh kota , khususnya petani ladang di lahan tidur disulap menjadi lahan produktif.

Di luar tanggung jawabnya sebagai Anggota Polri, pria kelahiran 19 Maret 1967 Di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, sampai saat ini tidak pernah berhenti meninggalkan hobi bertani yang digelutinya hingga saat ini menjabat Wakapolres Payakumbuh
Anggota Polri yang menamatkan pendidikan kepolisian di SPN Padang Besi tahun 1987/1988 yang kerap disapa dengan panggilan “Ayah” oleh masyarakat ini mengakui hobi bertani yang ditekuninya ini awalnya termotivasi dari arahan pimpinan polri melalui kapolda dan kapolres yang memintak seluruh jajaran mendukung pertanian untuk ketahanan pangan nasional.

Dengan memanfaatkan lahan tidur dan menyulapnya me jadi lahan pertanian menjadi produktif dengan ditanami tomat,cabe,kacang panjang dan buncis serta tanaman komoditi lainnya,lahan yang berlokasi di Jorong Piladang Kenagarian Batu Hampa Kec Akabiliru hingga di kunjungi Bupati Safaruddin DT Bandaro Rajo bersama jajaran Pada,Senin (4/3/2024)
Diatas lahan seluas kurang 5 hektar ebih milik salah satu petani Jorong Peladang Kenagarian Batu Hampa Kec Akabiluru , dikembangkan untuk beberapa jenks varian tanaman pertanian yang diketahui memiliki tingkat hasil yang maksumal untuk membatu ekonomj para petani dan pemilik lahan.

Atas kegigihannya menyulap lahan tidur menjadi lahan produktif, Kompol Russirwan,SH membuat sosoknya semakin dikenal baik di kalangan internal Institusi Polri maupun di kalangan pejabat daerah.

Dan atas dedikasi dan kegigihan Kompol Russirwan,SH menyulap lahan tidur menjadi produktif Bupati limapuluh kota Safaruddin DT Bandaro Rajo didampingi oleh Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Witra Porsepwandi sengaja datang ingin melihat lansung aksi nyata Kompol Russirwan seorang Pamen Polri yang masih polisi aktif saat ini.

Sekaligus adalah juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Bupati Safaruddin DT Bandaro Rajo terhadap Kompol Russirwan,SH. Bupati mengaku terharu dan tidak menyangka kalau dedikasinya di wilayah pemerintahan kabupaten limapuluh kota melihat lansung seorang Pamen Polisi yang pressisi konsisten terhadap pengembangan pertanian dengan menyulap lahan tidur menjadi produktif.

“Terus terang Saya tidak menyangka seorang Pamen Polisi Aktif yamg berpangkat Kompol dan sedang menduduki jabatan Wakapolres Payakumbuh ungkap Bupati Safaruddin DT Bandaro Rajo.

Bupati Safaruddin menambahkan, apa yang dilakukannya selama ini oleh Kompol Russirwan,SH adalah semata-mata untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar berkebun secara serius dan tekun agar hasilnya tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga.

“Sangat luar biasa dan seperti mimpi bahwa apa yang di lakukan oleh Kompol Russirwan Wakapolres Payakumbuh saat ini adalah untuk masyarakat wajar banyak pihak dan lembaga lain di luar institusinya Polri mendapatkan apresiasi yang luar biasa .

Pengakuan Kompol Russirwan,SH bahwa apa yang ia lakukan di bidang pertanian ini berawal dari melihat potensi di wilayah dimana banyak lahan kosong atau lahan tidur serta air yang cukup dan cocok untuk bertani ladang atau kebun”ungkap Kompol Russirwan,SH .

“Dari situ ungkap Kompol Russirwan,SH dirinya mulai bekerja sama dengan pemilik lahan mengolah lahan tidur dengan menanam Tomat,kacang Panjang,buncis Cabe dan mentimun serta tanaman komoditi lain.

Alhamdulillah, usaha yang saya lakukan bersama pemilik lahan ditahun pertama tepatnya tahun 2022 kemarin, hasilnya cukup bagus dimana tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga.”ungkap Kompol Russirwan,SH .

Untuk diketahui, Kompol.Russirwan,SH juga selalu memanfaatkan kebersamaannya saat bersama warga dan pemilik lahan dalam mengolah lahan untuk menyampaikan pesan Kamtibmas guna menekan angka kriminalitas.
Kompol Russirwan,SH juga memiliki mimpi agar warga disibukkan dengan berbagai aktivitas positif sehingga mengurangi tindak pidana.

Disisi lain, dengan memanfaatkan lahan yang ada dengan aneka tanaman maka pendapatan masyarakat pun meningkat dan tingkat kesejahteraan masyarakat pun mengalami peningkatan.
“Harapan saya kalau hasilnya bagus, masyarakat tentu lebih termotivasi untuk berkebun secara serius dan tekun agar hasilnya tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga”ungkap Kompol Russirwan.

“Selain mengajarkan warga memanfaatkan lahan tidur dengan tanaman produktif, kesempatan berada ditengah warga, saya manfaatkan untuk menyampaikan pesan Kamtibmas agar warga tidak melakukan tindakan kriminal” ujar Kompol Russirwan,SH.(Julian )

scroll to top