Bupati dan wakil Bupati Nias Utara, Menerima Kunjungan Kerja Plt. Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian PPN/BAPPENAS

FB_IMG_1662041047930.jpg

Nias Utara_BenuaNews,01/9/2022
Pemerintah Kabupaten Nias Utara menerima Kunjungan Kerja Plt. Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementrian PPN/BAPPENAS RI Dr. Ir. Subandi, MSc didampingi Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Pungkas Bahjuri Ali, S.TP, MS, Ph.D, Koordinator Pelayanan Kesehatan M.D. Arifi, Koordinator Gizi Masyarakat Sidayu Ariteja dan rombongan lainnya yang diterima langsung Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara di Aula Pendopo Bupati Nias Utara.

Dalam sambutan Bupati Nias Utara mengucapkan selamat datang kepada Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementrian PPN/BAPPENAS RI beserta rombongan yang datang dari Jakarta untuk melihat kondisi Nias Utara. Bupati menyampaikan kedatangan Tim dari Kementrian PPN/BAPPENAS RI merupakan anugrah bagi Nias Utara, dan berharap dengan kehadiran Tim dari Kementrian untuk melihat langsung kondisi Nias Utara kedepan dapat menjadi lebih baik.

Pada kesempatan itu Bupati Nias Utara menyampaikan Ekspos kondisi wilayah Nias utara kepada Tim Kementrian PPN/BAPPENAS RI, dimana saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Nias Utara baru mencapai 62,36 persen sedangkan Laju Pertumbuhan Ekonomi 2,02 persen, dan Laju Penduduk Miskin 25,66 persen. Untuk kondisi fasilitas Sarana Pelayanan Kesehatan di Nias Utara yakni Dinas Kesehatan 1 Unit, Rumah Sakit Daerah Pratama 1 Unit , Puskesmas 11 Unit, Public Service Center (PSC) 119: 1 unit, Pusekesmas Pembantu 39 unit, Poskesdes 57 unit, Posyandu 211 Pos, dan Gedung Farmasi 1 unit. Untuk kendala yang dihadapi saat ini adalah SDM yang masih kurang terutama tenaga Dokter Spesialis di Nias Utara.

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementrian PPN/BAPPENAS RI Dr. Ir. Subandi, MSc dalam sambutannya menyampaikan kedatangan Tim dari Kementrian PPN/BAPPENAS RI, sesuai usulan Bupati Nias Utara saat datang ke kantor Kementrian PPN/BAPPENAS RI, untuk melihat secara langsung kondisi daerah Kabupaten Nias Utara, serta untuk mengecek langsung program-program pusat apakah selaras dengan program yang ada didaerah-daerah .

Kegiatan ini turut diikuti, Sekda Nias Utara, Wakil Ketua DPRD, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag Lingkup Setda, dan Kakan Kemenag (diwakili).

Usai pertemuan di Pendopo Bupati, Tim Kementrian PPN/BAPPENAS RI, melanjutkan kunjungan di RS Pratama Nias Utara untuk meninjau Pelayanan Kesehatan. Kemudian Tim melanjutkan kunjungan ke salah satu Desa Lokus Stunting. (YZ) 

scroll to top