Bang Zul, Gundulnya Hutan Pemerintah Harus Mencari Solusi Alternatif

IMG-20211209-WA0037.jpg


Kamis, 09 Desember 2021

Dompu,NTB Benuanews.com Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah atau yang akrab disapa Bang Zul melalui postingan akun Facebook nya Bang Zul Zulkieflimansyah mengatakan, banjir yang merata telah menyapa kita di Provinsi NTB ini. Kalau di tanya apa penyebabnya, semua sepakat karena hutan yang telah gundul dan pohon-pohonnya sudah terjarah serta lahannya yang telah ditanami dengan jagung.

Ujar Gubernur, yang menanam jagung pun harus sadar, bahwa tindakan mereka bisa mengakibatkan banjir dan merugikan banyak pihak dan daerah kita. Tapi melarang mereka bukan persoalan yang mudah dan sederhana sepanjang alternatif selain menanam jagung kita tidak sediakan.

Bang Zul menegaskan, Pemerintah selama bertahun-tahun sudah melakukan penanaman kembali atau melakukan reboisasi terhadap gunung yang telah gundul dengan menanam bibit buah-buahan dan sebagainya dengan jumlah yang sudah tak terhitung jumlahnya.

Namun hasilnya nggak efektif karena masyarakat tak bisa lagi di ajar berlama-lama dengan bermacam teori tapi tak menyediakan solusi alternatif yang segera, solusi yang instan mereka bisa rasakan dan nikmati.

Gubernur menyarankan, di Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu NTB, ada upaya untuk meretas jalan baru, dan mengambil solusi yang mudah-mudahan bisa jadi alternatif solusi untuk melakukan penghijauan Kembali hutan-hutan kita yang telah gundul. 

“Tanami hutan-hutan kita yang telah gundul dengan bibit kelor yang cepat menghasilkan dan harga jualnya pun sangat bagus. Pembelinya juga sudah ada dan kelor yang di tanam tetap memungkinkan juga jagung  bersama untuk di tanam,”saran Gubernur NTB.

“Dengan di tanami Kelor yang cepat menghasilkan bisa kemudian di ikuti dengan penanaman pohon-pohon lain yang butuh waktu panen lebih lama seperti buah-buahan. Bibit kelor sudah ada sekitar 250 ribu di Kilo, mungkin bisa di coba juga di tempat lain,”jelas Bang Zul. (imran)

scroll to top