Antisipasi Bahaya Ledakan Tabung gas elpiji 3 kg Pada Rumah Tangga

IMG-20211227-WA0069.jpg

Tangerang Benuanews.com,Mahasiswa Teknik Industri, Universitas Pamulang (UNPAM) dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM ) Dari Kelompok 4 melakukan sosialisasi Bahaya Ledakan pada rumah tangga untuk mencapai masyarakat terhindar dari bahaya ledakam yang aman dan nyaman.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Mahasiswa Unpam di RT 005 / RW 004 Desa Mekarsari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Ketua RT, Warga RT 005 / RW 004 Desa Mekarsari, Mahasiswa Universitas Pamulang dan Dosen pembimbing PKM.

Muhammad Yusuf S.T, M.T. menyampaikan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas.
Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Diharapakn dengan kegiatan ini Mahasiswa Universitas Pamulang dapat mensosialisasikan ilmu yang telah didapat di kampus untuk berbagi ilmu kepada masyarakat, “ jelas M. Yusuf S.T., M.T. selaku Dosen pembimbing PKM”.

Hegar Reksa selaku Pemateri kegiatan PKM Mahasiswa menjelaskan Identifikasi bahaya ledakan pada rumah tangga.
“ Kita harus menjaga lingkungan agar aman dan terhindar dr ledakan dengan mencegah nya dimana ibu ibu atau bapak bapak di lingkungan rumah harus memperhatikannya. Contoh menggunakan kompor tabung gas LPG dan perlengkapannya yang tidak bijak bisa mengakibatkan Kebakaran atau ledakan. Seperti pemasangan regulator tidak tepat, selang regulator tertindih atau tertekuk, menempatkan kompor dan tabung di tempat tidak rata atau klem pada regulator maupun kompor tidak terpasang benar.”Jelasnya.
Kegiatan ini direspon baik oleh warga RT005 / RW 004 Desa Mekarsari. Ibu Omah mengatakan bagamana caranya agar terhindar dari ledakan kompor tabung LPG?” Ujarnya.

Yogi sahro menjawab, selaku ketua PKM Ya itu dengan cara Letakkan kompor dan tabung gas LPG di tempat datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan pastikan regulator terpasang erat dari katup tabung dan selang tidak tertindih atau tertekuk. “Jelasnya.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok 4 terdiri dari 4 Mahasiswa yang diketuai oleh Yogi Sahro, dengan Muchlis, Hegar Reksa, Teguh Kurniawan sebagai anggota, dan Muhammad Yusuf S.T. M.T Dosen Pembimbing.

Bapak Sholeh selaku ketua RT 005 / RW 004 Desa Mekarsari Kecamatan Rajeg menyampaikan ucapan terimaksih atas kesempatan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini khususnya untuk ibu-ibu saat memasak di dapur, agar berhati-hati saat menyalakan kompor tabung gas LPG. Karena, menjaga terhindarnya dari bahaya ledakan adalah Sesuatu hal baik untuk menjaga lingkungan rumah dan kelangsungan hidup “Ujar Pak RT”.
(Anton/Baedi)

Anton

scroll to top