Almaisyar “Perdana Mengambil Formulir dan Mendaftar di Kantor Sekretariat DPC ‘PKB Kota Payakumbuh

IMG-20240423-WA0025.jpg

Payakumbuh,- Benuanews com Haji Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang merupakan Bakal Calon Walikota Payakumbuh 2024-2029 yang pertama sekali mengambil formulir Pendaftaran Nasional Calon Kepala Daerah PKB 2024 pada Selasa Tanggal 23 April 2024 di Kantor Sekretariat DPC PKB Kota Payakumbuh.

Melalui Koordinator Tim Sahabat AL-Satria Bestari (Abes) Haji Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang datang ke Sekretariat PKB Kota Payakumbuh yang beralamat di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Kedatangan Dt.Almaisyar disambut hangat oleh KSB DPC PKB dan Dewan Syuro.

Dalam Keterangannya Ketua DPC PKB Kota Payakumbuh, Faisal Buchori (Buya Faisal) menyampaikan,
“DPP PKB sudah menginstruksikan kepada DPW (Provinsi) dan DPC (Kabupaten/Kota) untuk membuka Pendaftaran Bacalon Kepala Daerah sejak Sabtu 20/4, karena Persiapan belum matang maka kami Buka Pendaftaran untuk Bacalon Hari ini” papar Ketua DPC Kota Payakumbuh, Buya Faisal yang didampingi KSB lainnya.

“Alhamdulillah, begitu kami buka pendaftaran sekaligus Pengambilan Formulir untuk Bacalon Walikota Payakumbuh sudah mendaftar 2 Bacalon, yakni : H.Almaisyar yang Pertama lalu disusul Dr.Efrinaldi S.Pok” Tukuk Buya Faisal.

Senada dengan Ketua DPC, Drs.Hasmeldi Taufik (Buya Mel) Ketua Dewan Syuro PKB Kota Payakumbuh mengatakan bahwa Dt.Almaisyar menjadi Figur Bacalon yang Pertama Mendaftar dan Mengambil Formulir,
“Dt. Almaisyar menjadi Pendaftar Pertama yang diantarkan Ketua Relawannya Satria Bestari” ujar Buya Mel.

“Kami Baru saja memulai tahapan demokrasi dengan menjaring Bacalon, Para Bacalon yang mengambil Formulir ini nantinya akan mengembalikan Formulir beserta Dokumen Persyaratan yang telah ditentukan” imbuhnya.

Selanjutnya Buya Mel Menepis Isu diluaran yang mengatakan bahwa ada beberapa Figur Bacalon yang mengatakan sudah mendapatkan Rekomendasi PKB untuk Maju Pilkada Kota Payakumbuh,
“Kami (PKB) memastikan itu bohong (klaim sudah dapat rekomendasi), Tahapannya saja baru dimulai” lanjutnya.

“Setelah Formulir Bacalon dikembalikan ke Kantor DPC PKB dan Syarat Dokumen terpenuhi Proses selanjutnya adalah Nama-Nama yang terjaring dan memenuhi Syarat akan kami mintakan Rekomendasi ke DPW PKB Provinsi Sumbar yang selanjutnya akan dikirim ke DPP PKB, Setelah di DPP akan dilakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK), Pengajuan Nama-nama yang terjaring sudah bisa dilakukan sejak Tanggal 25/4” tukuknya lagi.

“Jika sudah Lolos UKK maka Bacalon akan diberikan Rekomendasi Tahap 1(satu) dan diberikan kebebasan untuk bersosialisasi dan Mencari Pasangan, lalu yang paling penting adalah mencari Partai Koalisi, karena PKB (3 Kursi) tidak mencukupi Syarat Pencalonan Ke KPU (Minimal 5 Kursi)”paparnya lagi.

DPP PKB juga Mensyaratkan kepada Seluruh DPC dan DPW agar mengajukan Minimal 3 Figur Bacalon yang akan diberikan Rekomendasi Tahap 1(satu).

Buya menukuk, Jika semua tahapan Pasca diberikan Rekomendasi Tahap 1(satu) telah dilaksanakan oleh Bacalon, maka akan diberikan Rekomendasi oleh DPP PKB untuk Bacalon guna mendaftar Ke KPU, selambat-lambatnya ditanggal 27,28 atau 29 Agustus.

Ditempat terpisah Dt.Almaisyar yang dihubungi awak media mengatakan bahwa akan mengikuti semua tahapan yang disyaratkan oleh PKB,
“Kita menghormati dan akan mengikuti semua proses yang telah ditetapkan oleh PKB untuk pendaftaran Calon Kepala Daerah ini” ungkap Dt.Almaisyar via Sambungan HP.

“Sebagai bentuk keseriusan saya, maka saya yang “mendarat” untuk yang pertama di Sekretariat DPC PKB dan Alhamdulillah saya jadi Pendaftar yang pertama” sambung Dt. Almaisyar.

Lebih lanjut Almaisyar mengatakan bahwa Sebagai Putra Daerah Asli Payakumbuh dan Niniak Mamak Datuak Tuo Kampuang Pesukuan Simabua Koto Nan Ompek yang lahir dan besar di Payakumbuh saya sangat memahami kondisi dan keinginan masyarakat Payakumbuh, jadi saya sangat berkeinginan membangun dan memajukan kota kelahiran saya ini lebih baik lagi dari kondisi saat ini” tukuknya.

Selain itu ,jika takdir berpihak kepada kita ,InshaAllah bersama Almaisyar masyarakat Payakumbuh berharap perubahan dan menikmati kesejahteraan adil dan makmur yang merata di segala bidang

Pileg DPRD Payakumbuh 14 Februari 2024 yang lalu ,Dpc PKB Payakumbuh secara akumulatif meraup suara paling banyak dengan perolehan suara kemudian di susul Golkar dan Nasdem (Julian)

scroll to top